Selasa, 09 Februari 2010

perempuan perkasa itu, IBUKU


serupa seribu kunang
menjelang senja ketika
jemari renta itu tak lagi perkasa
aku berdiri disini
memandangmu sendiri
tubuh tua,
tulang renta.
bayang matamu kelam,
senyummu tak lekang
meski aku tahu,
hidupmu tak pernah sempurna
perempuan perkasa,
adalah buku yang terbuka
adalah suluh ketika aku hilang arah
adalah swara ketika aku tenggelam dalam bisu
adalah pelukan ketika aku menggigil dalam dinginku
adalah cinta ketika aku kehilangan milikku
adalah panggilan ketika aku hendak berlari dari hidupmu
adalah sunyi ketika aku ciptakan riuh hidup semu ini
adalah gaduh ketika aku terperingkuk dalam sudut gelap
adalah pelangi hatiku diujung senja
ketika aku hampir...habis
ketika bahkan kata maafpun tak lagi berarti
ketika aku dibutakan oleh cinta semu itu
ketika menyesal menjadi nisbi
ketika kutemui senyum pelangimu
ketika malam kau habisi dengan bermunajat
ketika malam sisakan kehangatan
seperti hati ringkihmu yang selalu terjaga
perempuan perkasa itu,
IBUKU


untuk bidadari kirimanNya,
Ibunda, Eyang Putri

Selamat Ulang Tahun ke 65

Cinta indah kami untukmu



ctt:
foto aku dan Ibu, dibuat Januari 1967


6 komentar:

ellysuryani mengatakan...

Puisi yang indah tentang ibunya mbak. Apalagi sat saya membaca ini, serpihan bintang ini berjatuhan. Seperti melihat langit sedang memberkahi bumi. Saya jadi rindu pada ibu saya alm.

Sekar Lawu mengatakan...

@Mbak Ely:
Thx Ayuk...kirimkan doa kecintaan untuk Almarhumah, mungkin itu bisa mengobati rindu Ayuk kepada beliau...

Kang Sugeng mengatakan...

weeeh... photonya keren Bu, thn 67 dan skrg masih ada? salut...

Btw, sugeng ambal warsa kagem eyang njih... mugi tansah pinaringa wilujeng, sehat lan panjang yuswanipun, amin...

Sekar Lawu mengatakan...

@KangSugeng:
saya bahkan sudah mendokumentasikan foto lama ( 1940 an ) dalam album digital saya...sungguh indah memandang benda2 lama yang penuh memori itu.
Thx ya Kang, doa panjenengan untuk Ibu saya...

annie mengatakan...

indahnya sebuah pengabdian dan pengkhidmatan seorang ibu. Indahnya sebuah penghormatan dari seorang anak.

Salam kenal, mbak

Sekar Lawu mengatakan...

@annie:
terima kasih Annie...salam kenal kembali...sering2 mampir kesini ya...