Senin, 16 Februari 2009

Saya, puisi dan puisi saya




Beberapa kali saya mengunggah sebuah puisi dalam blog ini, selalu ada yang nanya " Mbak, ada apa ini ? ", bahkan Ernut pernah sms saya berkaitan dengan sebuah puisi yang saya unggah, " horok Yik, kowe ngapa ?"
Mungkin saya memang terkesan celelekan, cekikikan, pergemblungan dan imaje aneh lain. Tapi entah kenapa dibalik saya yang aneh ini ternyata masih ada sisi lain yang membuat saya sepertinya menjadi merasa asing pada diri saya sendiri. Aneh ya ? Apalagi kalau sudah berhubungan dengan yang namanya puisi. Terlepas dari entah apa definisi tentang sebuah puisi itu. Buat saya, sebuah puisi bukan hanya sekedar untaian kata penuh melo drama. Bisa tentang sebuah rasa suka cita, duka bahkan rasa yang kadang tak terdeteksi apa namanya.
Membuat puisi bukan hal yang mudah buat saya. Padahal duluuuuu...ketika saya masih muda (baca remaja), rasanya membuat puisi itu gampang sekali, apalagi ketika saya lagi merasakan yang namanya ceblok dhemen (jatuh cinta), juga ketika patah hati, atau ketika merasakan haru biru karena peristiwa tertentu. Puisi-puisi ( karena cinta dan kecewa) mengalir begitu rancak dari lubuk hati yang terdalam. Halaah....Dan puisi-puisi itu bisa tergores dimedia apa saja, bisa diselembar kertas tissue, kertas ulangan, surat cinta, diktat kuliah atau dibalik secarik karcis bioskop yang baru saja saya tonton bersama sidia...qiqiqi....

Tapi kini, ketika otak (dan hati) tuwir ini sudah jenuh dan sesak terjejali aneka problema hidup yang tak mudah dislemur, eh...kok naluri berpuisi tiba-tiba mati....
Makanya suka terheran-heran sendiri ketika mak bedunduk ada sebuah rangkaian kalimat yang saya unggah diblog ini yang menurut saya tak pantas disebut puisi tiba-tiba menuai apresiasi, meskipun sekedar koment bernada simpati tentang perasaan hari ini terkait dengan diunggahnya sebuah puisi...

Ah, buat saya, hidup ini adalah puisi tak pernah henti...

(jadi ingat jargon TA TV, tradisi tak pernah henti....qiqiqi...)


28 komentar:

Anonim mengatakan...

puisi juga pelipur dikala ide postingan sedang sepi! hayoo, hiyaa to?

Anonim mengatakan...

Kata orang, nulis puisi ya kalo memang lagi kepingin nulisnya (lagi mood)

Saya termasuk orang yg sulit nulis puisi, dulu waktu masih sekolah, pingin lari aja kalau pas pelajaran puisi

Andy MSE mengatakan...

saya paling susah bikin puisi, jangankan mbikin... mbaca aja bingung kok!

Anonim mengatakan...

Mbak Ayik, itu kembang mawar mau dimasak apa? Weleh, kok kayak Nyi Blorong, makanannya kembang .... qiqiqiqi ....

Soal puisi, aku percoyo kok, mak bedunduk itu memang mengasyikkan ... :D

astrid savitri mengatakan...

qiqiqi.. tp memang begitu yg juga ada di pikiran saya kalau mbak posting sebuah puisi, sebab agak 'lain' dari postingan biasanya.

saya malah baru mencoba bikin puisi, tp ngawur melulu :)

Anonim mengatakan...

dulu mbak aku suka nulis buku harian berupa puisi setiap hari, saiki malah nggak pernah

puisi2nya mbak Ayik bagus lho

Linda Rooroh mengatakan...

justru itu yik... kalo kita ngomong sering banyak boongnya, tapi kalo udah nulis puisi pasti yang keluar adalah hal yang paling jujur...

jadi ada apa to yik ?

Boodeznee mengatakan...

Wah, kalau aku sih emang gak bakat deh bikin puisi. Susaaaah....

Tapi aku masih inget puisi jaman TK dulu.
Rotiku,
Rotiku persegi empat.
Dimakan sama coklat.
Kutelan bulat-bulat.

:)

Anonim mengatakan...

memang, puisi kadang bisa menjadi tempat kita untuk menyepi, bahkan berdialog dengan diri sendiri... (apalagi kalau membaca kembali puisi-puisi lama yang pernah kita buat), hehehe...

salam kenal....

Anonim mengatakan...

selama msh suka berpuisi artinya msh brkreasi mba Ayik..
msh brsemangat menikmati hdp...
so... enjoy yr life...

Sekar Lawu mengatakan...

@Ernut:
nTul...bentul...

@Erik:
qiqiqi...ketahuan nilai bahasa Indo nya pasti gak bagus nih...

@Andy:
biar gak bingung, sambil baca puisi sambil gondelan cagak Mas...

@Mbak Tuti:
qiqiqi....menu makan siang kali ini adalah kembang setaman...

@Astrid:
(tertunduk ku dihadanmu,
ketika kau tanya, mengapa ada puisi itu ?)
qiqiqi...

@Ely:
lihat El, hidungku kembang kempis...hayo...tanggung jawab !

@Linda:
Jujur Mbak Lin,
memang ada sesuatu dengan puisi2 itu...Tunggu jawabannya setelah yang lewat ini ya....

@Desny:
seperti yang ini juga,Des

Gajah, binatang yang sangat besar
matanya kecil,telinganya lebar belalainya panjang, kakinya besar-besar...

@Anjas;
cucok! Lam kenal balik!

@Ennoadi:
thx ya...

ika rahutami mengatakan...

kuwi kembang di mana mbak?
hehehe... ra nyambung komenku karo judulmu..

Anonim mengatakan...

Teruskan semangatmu nak!

Anonim mengatakan...

Adus kembang tengah malam po mbak?

Anonim mengatakan...

Adus kembang tengah malam po mbak?

Sekar Lawu mengatakan...

@Ika:
pasar kembang....

@Ndoro seten:
ritual sebelum baca puisi nDoro. mandikembang tengah malam...qiqiqi

Anonim mengatakan...

mbak Ayik... menurutku puisi itu adalah ungkapan perasaan seseorang yang punya banyak waktu ngelamun n berandai andai ... (kecuali mbak Ayik... hallah)... kali lho mbak, karena aku tidak bisa buat puisi, biasanya sih buat surat instruksi he he...
apa khabar mbak Ayik?

Ayik dan Ernut mengatakan...

ernut@desny: roti segi empat kok dimakan bulat-bulat...harusnya ya tetetp segi empat-segi empat...(anak TKI yg aneh)

Sekar Lawu mengatakan...

@Isnanto:
kabar baik Pak Is...lama tak berkabar, banyak ya projectnya...bagi2 dong!

@Ernut:
kamu ini aneh, kan udah ada peraturannya, puisi dilarang dieyel. Paham ?

Anonim mengatakan...

Waduh.. buka-bukaan nih ceritanya? :-) Romantis banget mbakyuku yang satu ini... si mas pasti seneng.. dibacakan puisi tiap hari... :-)

Anonim mengatakan...

romantis banget yah mbak........ walopun usia dah tuwir tapi harus tetep romantis dunk...... biar serasa sweet seventeen terus........ tuker link boleh ibu??? (halaahhhh.... ) Mbak, maksudnya?????

Anonim mengatakan...

sama mbak duluuuu paling suka bikin puisi, diem bentar aja pasti langsung nyanthel.
skr yen gak judegggggg buangeeeettttt uaanggeeellll puuuoooollll :D
dadi marai konangan yen gi gak enak ati.

Anonim mengatakan...

Pernah saya coba tulis puisi, kata teman yang baca GARING, gak ada rasa seninya. Akhirnya maluuuuuuu....
Tulis yang lain aja.

Sekar Lawu mengatakan...

@Arul:
Kaluk tiap hari dibacain puisi, bukannya romantis Mas, bisa heboh Mas...Wayahe masak, maca puisi, kapan mangane...keluwen kuwiii...

@IbuRumpi:
Romantis ? qiqiqi....Thx, linknya sudah dituker...

@Kenny:
Iya mBak Kenny...kaluk lagi nyesek, baru deh ada puisi...qiqiqi

@Alris;
Nulis jalan terus...baca postingannya Mas aris juga jalan terus...seruuu...

Arief Firhanusa mengatakan...

Mak benduduk kaget aku. Kirain Mbak Ayik ga pernah jatuh cinta, wahwhakakaka ...

Oh iya, apa hubungane puisi karo kembang dalem wajan tembaga itu Mbak? Curiga aku.

Sekar Lawu mengatakan...

@Mas Arief:
Mak bedunduk aku jatuh cinta pada blognya Mas arief....
Mak bedunduk juga, cuma ada stock foto ini yang aku punya....jadi, nggak ada hubungannya ya ?

Anonim mengatakan...

aku juga rada kaget waktu mbak ayik nulis puisi. apalagi isinya sedih. kirain ada apa2...ternyata emang ada apa2 yak...hihihi

dyahsuminar mengatakan...

mbak...kembang mawar dibaskom mau buat mandi bunga ya ?/ hati2...nanti berubah jadi ayuuuuu...banget lho....
Btw...lagi heppy ya...kok nulis nya hebat...