Minggu, 01 Februari 2009

Yang ketemu di Pasar Tanah Abang





es selendang mayang itu....


Komponennya terdiri dari beberapa iris lapis tepung beras, santan dan syrup gula jawa


si mamang penjualnya asli dari Garut...



Muter-muter di tanah abang
Ketemu yang seger-seger, ehhh...es selendang mayang

Masih oleh-oleh dari ibukota, secara tidak setiap bisa sering-sering menjelajah Jakarta, maka kesempatan untuk jalan-jalan tentu saya gunakan semaksimalnya...Kali ini, saya menuju kompleks perbelanjaan Pasar Tanah Abang, yang baru sekali-sekalinya ini saya kunjung...Naluri norak saya langsung kumat serta merta melihat dagangan di Blok A Pasar Tanah Abang ini,bagaimana tidak mabuk, barang-barang disini memang harganya lumayan terjangkau. Wah, ini memang surga belanja, rupanya.

Dilokasi tak jauh dari Blok A ini ada sebuah area penjualan yang sering disebutnya sebagai Pasar Tasik, karena mayoritas penjualnya berasal dari Tasikmalaya, Jabar. Waaa....mata saya langsung hijau melihat aneka kerudung dan perlengkapan muslim murmer ditebar disana..Memang harga yang dijual disini baik grosir maupun eceran benar2 miring...surga belanja lagi nehh...Cuba deh, belum lagi 2 jam disini sudah ketemu dua surga (belanja)...qiqiqi...bagimana cubak kalau ketemu surga benerannya...qiqiqi....
Yang norak lagi, saya tiba-tiba merasa seneng ketika setiap melewati gerai itu disapa dengan panggilan " Bu Hajii...", qiqiqi....diam-diam membatin saya lafalkan kata " Amin..., semoga saya bisa jadi haji beneran..."

Nah, di emperan Pasar Tanah Abang ini saya ketemu dengan yang jualan Es Selendang Mayang, langsung deh saya hentikan petualangan sejenak untuk mencicipi ragam kuliner tradisional betawi yang (juga) baru kali ini saya temui. Es selendang mayang ini rupanya terdiri dari kue lapis dari tepung beras yang warna warninya moronyoi - hijau-putih-jambon-coklat, dipadu dengan santan kental dan juruh (syrup gula jawa) yang dicemplungi irisan nangka dan disajikan dengan es batu yang bikin seger dan ngiler...Rasanya sih nggak jauh-jauh dari es dawet yang biasa saya temukan di daerah lain...Tapi karena ini es Selendang Mayang yang baru sekali ini saya incip dan nemunya jauh dari rumah, secara di tanah betawi...makanya rasanyapun beda-beda gimana getuh....

Si Mamang mengangsurkan sebuah bangku plastik sembari menyapa ramah, " mangga , calik atuh Bu Haji". Dan saya dengan PD bilang " Suwun ( lha kok Jawa ? ) " sembari duduk...
BTW, " Mangga calik " artinya disuruh duduk kan ?



20 komentar:

Anonim mengatakan...

Baru denger namanya, Es selendang mayang.

Ditanya pake bahasa sunda kok jawabnya pake bahasa Jawa? he.he.he

Linda Rooroh mengatakan...

yik... liburnya hepi banget yaa... dari ngejenguk sodara, reunian, blanjaan sampe icip2 jajanan ... kumplit plit plit

btw, jauh dari longsoran kan yik.. nd smoga gak kebanjiran juga ya..

Sekar Lawu mengatakan...

@Erik:
sebelumnya memang saya pernah liputan mengenai es ini di tipi Mas, tapi baru kali ini ketemunya di habitat aslinya...

@Linda:
Alhamdulillah, cuti kemaren saya pergunaken dengan sangat efektif dan efisien Mbak. Bisa silaturahmi ke sodara yang sakit, bisa reunian juga bisa jalan-jalan...qiqiqi...Allah memang baik dan sayang sama saya...

Alhamdulillah lagi, rumah saya berjarak 28 km dari tempat yang longsor itu, Mbak. Tapi hari ini, Insya Allah saya mau jalan kesana, menengok sodara kita yang lagi kena musibah...
Doakan mereka sabar menerima ujianNya...

Boodeznee mengatakan...

Kalau ibu2 liburan ya gini nih. Maklum deh, pekerjaan ibu rumah tangga khan gak boleh resign. Jadi klo ada kesempatan cuti ya dimanfaatkan sebaik2nya.

Aku yg orang Jakarta aja belum pernah nyobain yang ada di foto itu. Enak gak sih Mbak? Manis pastinya ya.

Sekar Lawu mengatakan...

@Desny:
Lha iya ta Des, betul katamu pekerj ibu rmh tangg memang anti resign...gimana cubak ? (gaya pasrah)

Es seger ini rasanya menurutku ya kayak es cendol atau es cincau ajah, cuma isinya kue lapis yang diiris-iris...selain seger, juga mengenyangken...Cubain deh, Des...

Andy MSE mengatakan...

uenak tenan... mantep.. sueger... asal nggak diminum pas udan deres wae, hehehe

Ernut mengatakan...

ngiler..tes..tes..

Anonim mengatakan...

Selendang kok dibikin makanan sih? Mentang-mentang di Tanah Abang, banyak yang jualan selendang ya? :-) Oleh-oleh buat saya mana bu Haji?

Kemarin saya ketemu mantan dosen saya di Jogja, dia kaget katanya saya kelihatan tambah hitam (padahal pancen hitam).. komentarnya "barusan naik haji yach, kok hitam?" :-)

Anonim mengatakan...

es jenis baru ya mbak ? kelihatannya enak tenan ^_^

seporsi berapa harganya mbak ?

Sekar Lawu mengatakan...

@AndyMSE:
yen pas udan, santene di angeti Mas...dadi kolak...

@Ernut:
srluruppp.........

@Arul:
Maap Pak arul, memang Bapak hitam (item)...qiqiqi...clingak clinguk pura-pura nggak tahu....

@Ely:
enak tenan El, lumayan buat ganjel wetreng luwe...soale kue lapisnya itu padat jadi bukan cuma seger, tapi maregi....
Harganya 3rb /porsi bonus "mangga calik..."

Anonim mengatakan...

kayaknya cutinya seru banget, mbak. ketemuan banyak teman juga. borong gak di tanah abang? si abang yg jualan pinter juga kasi nama produk. sesuai dg item jualan yg ada di tanah abang: selendang...qeqeqeq

Anonim mengatakan...

wah panas-panas ning tanah abang dadi makyuuuus nggih mbake?
segeeer mestine nggih?

Anonim mengatakan...

Duh, mbak... Mau dong Es Selendang Mayang-nya dikirim ke Oslo sini... slurp... *ngeces*

Anonim mengatakan...

Wah ... es selendang mayangnya sueger tenan yo Mbak? Opo meneh yen digawe es 'jarik mayang' ... hehehe ...

Ketemu sohib dan kerabat memang paling membahagiakan. Itulah kekuatan cinta (halah, sok berfilsafat)

dyahsuminar mengatakan...

lho....kok Bunda gak pernah tahu Es...selendang mayang ?
padahal Bunda seriiing banget ke Tanah Abang...dalam rangka golek pangan...eh golek ide ..goolek duwit...Wees...besok yad...mau tak cari ah...bu haji Ayik....Amien,,,semoga segera terwujud..

Sekar Lawu mengatakan...

@Nita:
sering2 bisa cuti kayak kemaren aku juga nggak nolak kok Nit....tapi pasti banyak yang protes nih...

@NdoroSeten;
seger kiyer2 jare, Ndorooo...

@Felicity:
dilarang ngeces, Mbak Fel...bolehnya ngilerrr....qiqiqi

@Mbak TutiNonka:
yang jelas saya seneng bisa ketemuan dengan para sahabat...tapi mereka kayaknya harus berhitung2 lagi guna mendatangken saya...karena...qiqiqi...harus siap traktir abisss....

@Bunda DS:
Bun, es selendang mayang begini di tanah abang mangkalnya di pasar yang agak pinggiran, jangan deket2 Blok A...saya nemunya malah deket pasar tasik tuh...
Kapan2 kalau ke tanahabang mbok ajak2 saya....qiqiqi....

Anonim mengatakan...

ah bu haji pinter jg basa sunda :P

Anonim mengatakan...

wah nyummmny banget....

Arief Firhanusa mengatakan...

Anu Mbak, aku kok jd terinspirasi dari tulisan2 jenengan. Gimana kalo Karanganyar punya tabloid ringan yang isinya ringan tapi ngasih informasi komplet mengenai hal paling remeh seperti yang Mbak Ayik sajikan.

Kalau Karanganyar terlalu lebar ya setidaknya di lingkup Dalem Badran aja lah, hehehehehe ...

Sekar Lawu mengatakan...

@Arief:
Lho, apa blog ini belum cukup ta Mas arief ?