Minggu, 20 Desember 2009

gaya bobo'...


Setiap manusia dilahirkan dengan spesifik...unik, menurut bahasa saya...mereka mempunyai keunikan khusus yang menjadi ciri setiap pribadi, sehingga sanggup membedakan antara pribadi satu dan yang lainnya... Kali ini saya pengin membahas mengenai kebiasaan unik menjelang tidur dari orang-orang disekitar kehidupan saya...
Jangan beranggapan saya sedang mengungkap aib ya...buat kami, ini cuma lucu2an...hihihi...kebetulan saya menemukan banyak kebiasan unik yang dilakukan menjelang berangkat tidur... Dari tinjauan psikologis, kebiasaan menjelang tidur sering dijadikan bahan analisa keadaan psikologis orang yang bersangkutan, merujuk kepada kondisi psikologis dan suasana hati.. Tapi bagi saya , kebiasaan siapapun menjelang tidur bener-bener cuma hasil pengamatan lucu-lucuan saja...so, mari kita nikmati cerita kali ini...

Ada seorang anak sepupu saya sebelum tidur harus pegang-pegang kuping ibunya...jadi dimanapun dia berada, menjelang tidur ibunya harus ada disampingnya dan musti merelakan kupingnya dielus-elus oleh sang putra...ketika saya tanya , " apa nggak risih ?" , jawab ibunya, " daripada anakku nggak tidur semaleman...bisa ngantuk disekolah besok...". Coba kalau kuping si Bunda bisa di lepas pasang, pastinya Bunda gak perlu repot kalau mau bepergian, nggak repot mikirin bagaimana si kecil mau berangkat tidur malam ini...soalnya, cuma daun telinga Bunda nya saja yang ampuh menjadi penghantar tidur anaknya.....repotnya sang Bunda...
Ada lagi keponakan yang cinta banget pada tali gulingnya, jadi setiap mau tidur ituh guling pasti talinya dia bongkar dari simpulnya trus dia pilin-pilin sampai dia bisa tidur angler dan lepas tangan...

Ada lagi, sepupu saya...sejak kecil dia punya kebiasaan unik dan tidak biasa menjelang tidurnya yaitu memilin-milin karet gelang diatas daging pahanya...tenan iki...jadi pakaian wajibnya kalau mau tidur adalah celana pendek cekak yang mengumbar paha gempalnya ( jangan bayangin gadis langsing berpaha mulus...), sepupu ini adalah seorang pria macho berbadan tegap dan berbulu pahanya...( hahaha...saya kok ya sempat2nya ngintip ituh paha yaaa....wkwkwkwk...)...jadi karet gelang itu dia pelintir-pelintir naik turun diatas pahanya (dalam posisi berbaring siap tidur)..kalau sudah jadi pelintiran kecil terpilin2 maka dengan santainya dia akan menjentikkan karet gelang itu kesegala penjuru kamarnya...makin ngantuk, maka lontaran karet gelang radiusnya makin dekat...makin ngiler...makin tak ada lagi karet gelang terlontar dari jemarinya...Jadi properti wajib disamping bantalnya adalah semangkuk karet gelang...dan setiap pagi PRT nya harus mengumpulkan dan merapikan kembali karet gelang itu untuk digunakan sebagai property ritual malam hari berikutnya ...hahaha....capek deh kalau musti tidur barengan dia . Ada saja yang terkaget-kaget kesentil lontaran karet gelangnya...qiqiqiqi....

Sepupu yang lain lagi punya kebiasaan 'basah' menjelang berangkat tidurnya, yaitu ngenyot ujung bantal...huwaaaaa...bener2 nggilanik banget dah...suka ilfill kalau terpaksa tidur bareng dia...Lagi-lagi ini sepupu adalah berwujud pemuda gagah nan perkasa...., suka aneh kalau saya susah tidur sementara melihat dia yang angler dengan gumpalan pojok bantal didalam mulutnya...dikenyot-kenyot gitu dah....kadang menimbulkan suara sedikit bising...cruk...crukk...qiqiqiqi.... Dan pagi harinya, si bantal property yang dalam keadaan basah ujungnya harus buru2 dijemur untuk digunakan malam harinya kemudian.... ( Untuk almarhum dimas Yudhi, semenjak kepergianmu, kebiasan unik mu selalu menjadi hal terlucu yang aku kenang darimu... RIP, Yudh, I mizz U...)

Ada lagi ( lagi-lagi sepupu saya ), kebiasan menjelang tidurnya adalah memilin2 rambutnya dengan jari telunjuknya...dilakukan dalam keadaan sadar sesadar-sadarnya, sampai dia kehilangan kesadaran karena tertidur nyenyak tetap saja ituh jari telunjuk mengulet-ulet dia punya rambut dikepalanya...kalau saya lagi iseng, itu jari suka saya pegangi supaya tak bisa bergerak-gerak...eh dia bangun dan marah...kalau sudah saya lepas...mulai lagi deh... Tapi ini belum lho, satu jari kanan di atas kepala, dan satu jari kiri beraktivitas dilubang pusernya (jawa : udel)...seperti jari kanannya, jari telunjuk kirinya ngulek2 itu lubang udel....hahaha...suka geli kalau lihat dia mau tidur, ribet banget...ritualnya dimulai dari menyingkap kaus bututnya, lalu parkir jeri telunjuk kiri ke udelnya, jari telunjuk kanan dikepala...bisa nggak bayangin bagaimana sepupu tercinta ini setiap malam...kok ya nggak repot ta yaa....hahaha....

Keponakan yang lain punya kebiasaan tidur lucu yaitu menggerumuti tangan orang yang dia mau...istilahnya ' minjem tangan', jadi orang yang ada didekatnya akan dia raba-raba tangannya mulai dari telapak tangan, jemarinya sampai pangkal lengannya...saya pernah menjadi korbannya suatu malam....rasanya geli-geli gimana gitu...alih-alih jadi terkantuk2 saat menemaninya tidur, mata jadi seger gara-gara geli digerumuti tangan kecilnya...huahahaha....Nggak kebayang bagaimana kalau ini anak besar nanti dan musti nginep dirumah temannya atau musti kemping dialam terbuka, iya kalau ada yang mau jadi korbannya...kalau nggak ada, apa nggak kancilen semalaman...?

Nah, kalau sedulur saya yang lain beda lagi, dia punya kebiasaan tidur dalam posisi....nungging... Iya, pantat dalam posisi menyudut keatas, seperti orang bersujud...kira-kira 15 menit kemudian, pasti dia sudah berguling dalam posisi normal bersama dengkurannya yang...brrrrrrr...kerasnya bo'...., dan itu artinya dia sudah sempurna berlayar ke alam mimpinya... Nah , sodara yang satu ini sudah barang tentu membutuhkan space yang agak lega untuk hajatan menjelang tidurnya, kalau nggak, bisa-bisa orang yang tidur disebelahnya penyet ketimpa badannya yang lumayan tambun toh....? kebiasaan yang sungguh merepotkan....

Lhah, kalau lakone ini....alhamdulillah tidak punya kebiasaan unik menjelang tidur...saya normal-normal saja. Tidak pernah merepotkan teman tidur saya, siapapun itu, gaya menjelang tidur saya manis-manis saja...yang penting perut kenyang terisi, sudah cuci tangan dan cuci kaki, sudah gosok gigi, baju tidur praktis yang tidak ribet, sprei dan tempat tidur bersih dan rapih, tidak ada suara-suara bising, dan yang paling penting saya sudah ngantuk banget....saya cuma butuh bacaan, apapun itu - bisa majalah, koran ataupun buku - untuk menjemput hasrat kantuk saya dan sebuah bantal besar atau guling yang saya taruh tepat diatas mata saya kalau saya sudah siap merem.....selanjutnya, Anda akan segera mendengar dengkuran saya yang lembut halus mendayu-dayu nan elegant.... Meskipun orang-orang suka mendeteksi dengkuran ( yang saya yakin halus nan lembut ) ini sebagai ngorokkk...nngggrokkks.... Biar saja, orang memang suka sirik sama saya yang manis ini, bahkan dalam tidurpun, saya tetep manis lho.....wkwkwk....



6 komentar:

Kang Sugeng mengatakan...

hahaha... narcis banget sih Mbak, emang siapa yg suka bilang Mbak ini manis?

Sekar Lawu mengatakan...

@kang Sugeng:
Lha nggak ada yang bilang ya saya sendiri ta Mas...wkwkwkwk

blogger pengamen ilmu mengatakan...

klo anak saya yang besar maunya di ceritain sebelum tidur

Sekar Lawu mengatakan...

@bloger pengamen ilmu:
masing2 orang punya gaya....

dyahsuminar mengatakan...

benar mbak...
saya punya teman di asrama dulu..kalau mau tidur bingung cari bantal kecil yang sdh kumel itu.
kadang2 kita ledek...kita umpetin tuh bantal...nah bingunglah dia krn gak bisa tidur

Sekar Lawu mengatakan...

@BundaDS:
beda manusia, beda keunikannya ya Bunda...dari gaya tidurnya opun kita kadang bisa membaca 'siapa'kah orang itu ...