Jumat, 24 September 2010

es gandul nan jadoel...


es gandul itu....

Es batunya digosrok....




Trus dipadatkan dengan dua tutup gelas plastik sajah..., lalu dilumuri syrup...Sudah!


(ayik's post)

Es gandul tali merang,
awakmu njedhul atiku girang....

Alkisah, satu hari lewat di depan DalemBadran sibapak penjual es ini....es gandul....Waaa...ini kan jajanan saya waktu SD duluu...kok masih ada....


Langsung saya cegat sibapak penjualnya dan saya order es gandulnya, rupa-rupanya saya kangen dengan ragam jajanan jaman cilikan saya yang sekarang pasti sudah menjadi benda yang langka....

Es gandul ini dibuatnya cukup sederhana, simpel, bersahaja dan guampiiing....secara, cuma segenggam es batu yang dipasah atawa digosrok yang dicetak menngunakan tutup gelas plastik sajah, dipadatkan dengan tutup gelas satu lagi ,lalu tengahnya disematkan stick bambu, selanjtnya dikocrotin (apa sih istilahnya...) ehhh ya...ditabur...salah yak ? di....siram dengan syrup berwarna menyala.....maka jadilah es gandul yang kita kenal itu....Begitcuu.....

Slurrrp....segernya....manisnya....

Bukan cuma segernya yang saya dapat......nostalgianya itu lho.......

(punya kenangan apa dengan es gandul ini ? , cerita doong...)


5 komentar:

Mechta mengatakan...

wah..masih ada to es yg bentuk itu? Segernya... eh ada es jadul lain yg kuingat, es plastik yg talinya dami... Bukan rasa esnya yg khas... di sekitar daminya itu lho yg rada asin... haha..aneh ya???

Sekar Lawu mengatakan...

@jeng mechta:
masih dunk...ditempatku masih ada yg suka lewat termasuk es lilin yang dikau maksud ituh...hehehe

Anonim mengatakan...

kemarin sewaktu di indo belum sempat cicip es gandul, kalo nasi gandul kemaren makan pas di Pati...

Anonim mengatakan...

kemarin sewaktu di indo belum sempat cicip es gandul, kalo nasi gandul kemaren makan pas di Pati...

Sekar Lawu mengatakan...

@mb Soeryani
sudah langka ini Mbak...tapi bikin sendiri juga gampang kok...dan lebih sehat tentunya...
apa kabar Mbak ?