Senin, 15 Juni 2009

kumat tanda cintA

pembatas buku berornamen bunga kering....untuk sahabat


Kali ini saya juga lagi kumat....tapi kumat yang ini agak istimewa menurut saya. Biasanya saya kan kumatnya kalau memang lagi bener-bener nggak ada yang harus dikerjakan, punya banyak sisa waktu longgar sehingga terkesan mencari-cari kerjaan.
Kalau kali ini, saya memang sengaja dan niat pengin membuat sesuatu untuk seseorang...eh hehehe...ada apa ini ? Jangan pada GR dulu yaaa.......
NGgak ada apa-apa sih...cuma pengin aja memberikan sesuatu kepada teman baik, sahabat hati.
Berhubung kemaren saya ada rejeki dapat buku gratis dalam jumlah yang tidak sedikit. Maka sebagian saya hibahkan kepada beberapa teman dan kerabat. Untuk melengkapi buku ,saya membuatkan sebuah pembatas buku. Saya hias dengan ornamen dari bunga-bunga yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Kebetulan disekitar dalemBadran banyak bunga dan rerumputan liar yang bisa dipetik kapan saja dan gratis...Kadang kalau lagi jalan-jalan atau berkunjung ke rumah teman dan lihat ada rontokan bunga bagus dan mungkin untuk dikeringkan langsung saja saya angkut. Begitupun anak-anak, sudah langsung otomatis kalau lihat bunga atau sesuatu yang bisa dikeringkan dan bagus pasti langsung ingat untuk membawakannya buat ibunya ini...Thx ya nak....

O ya, saya paling seneng bikin kreasi dari bunga kering ini. Karena menurut saya ini spesial, dibikinnya juga dengan "hati" qiqiqi....Dan bentuk serta komposisinya selalu berbeda gak ada yang persis sama, maka pastinya akan jadi sangat special, bukan.

Untuk kesempatan-kesempatan tertentu kalau ada orang dekat yang berulang tahun atau apa, saya pastikan hadiah kecil manis ini selalu saya berikan mengiringi ucapan selamat saya...Banyak yang suka , ternyata...



petik bunga atau dedaunan dalam kondisi kering, usahakan pada siang hari metiknya...


dipress dengan cara letakkan diantara lembar-lembar buku telepon




kalau sudah kering, aturlah komposisi yang manis diatas kertas karton manila


ini yang sudah jadi dipigura


ini kreasi saya yang lain...

Cara membuatnya pun mudah nggak pakai ribet, hanya memang butuh waktu buat membuat bunga itu kering. Paling cepet satu minggu, dengan cara saya press di antara lembar-lembar buku telepon, ditaruh diantara dua lembar kertas tisuue. Lalu ditutup dan ditindih dengan pemberat. Saya biasa meletakkannya dibawah kasur di kamar anak-anak...hehehehe...

Kalau kandungan airnya sudah benar-benar nol atau kering, maka mulailah saya merangkai bunga-bunga ini diatas selembar media. Bisa kain, atau kertas karton manila. Terserah mau dijadikan apa setelah itu, bisa kartu ucapan, bisa juga lukisan yang dipigura atau pembatas buku.

Nah kalau untuk membuat pembatas buku yang seperti ini, kalau sudah ditempel dikertas karton, maka langkah berikutnya adalah di laminating. Trus berikan hiasan pita yang warnanya disesuaikan keinginan. dan...taraaa.......sudah jadi pembatas buku yang cantik seperti ini....






pembatas buku yang agak besar ukurannya, menyesuaikan bunga keringnya...



Satu karya lagi yang saya buat dengan sepenuh cinta....tanda cinta saya kepada sahabat yang (saya tahu, dan saya yakini) juga mencintai saya.....

Terima kasih, sahabat hati....

7 komentar:

Unknown mengatakan...

saranku, segera saja terkenalkan blog ini, dan perbanyak kreasi, untuk promo, jadi bisa buat nambah2

ellysuryani mengatakan...

He, mana dong hasil kumatnya, mbok ya dikirim ke saya. Mau dong hasil kumat kreatifnya. Nice posting.

Mi Hacienda mengatakan...

aku juga mau mbak secara koleksi bookmark gitu...kok rasanya nggak komplit tanpa ayik bookmark collection:)

Fanda mengatakan...

Kreasi yg sederhana, murah dan cantik! Apalagi klo dibuat dgn tulus, akn jadi hadiah yg sangat bermakna! Duhh...mau banget tuh pembatas bukunya...

ernut mengatakan...

masaku untuk nak-nik udah lewat, dulu aku bikin begituan zaman ABG, dikirim ke kekasih dan temen2 lain...cuma aku tak pake bunga kering tapi lukisan, oil painting...

Sekar Lawu mengatakan...

@advintro:
gek kepiye carane, nak ?

@Newsoul:
boleeeh....

@Mi Hacienda:
Boleeehhhhhhhh...NIta, I miss U

@Fanda:
boleeeh banget....

@plekenut:
memang kita seiman, cuma beda warna...horrokkk....

Tuti Nonka mengatakan...

Mbak ayik, kiriman untukku belum nyampai sampe sekarang ... (*ge-er, emang dikirimin?*)