Rabu, 24 Juni 2009

manfaat dari hal kecil dan sederhana...



Siang itu, seorang teman bertamu...kami ngobrol lama di gubuk penceng di halaman belakang. Sesaat kemudian teman saya minta ijin ke kamar kecil. Sekeluarnya dari kamar kecil, teman saya bergegas menemui saya dan menyampaikan beberapa hal, dari memuji cozy dan cantiknya kamar mandi kami ( hmmm...hmmmm, terima kasih...) sampai pada menyampaikan terima kasih...Tapi untuk apa ? ternyata ketika di toilet, dia menemukan gantungan kamper kamar mandi yang saya taruh dibeberapa tempat. Lalu apa yang istimewa ? wong menurut saya biasa saja tuh...

Ternyata ide saya untuk menggunakan kantung dari kain tule bekas untuk menempatkan butiran kamper pewangi kamar mandilah yang menarik perhatiannya. Katanya itu membuatnya terinspirasi untuk berbuat sesuatu yang lebih besar...Walaah...saya malah tidak berpikir sejauh itu, dari hal yang sangat sederhana yang saya lakukan ternyata bisa membuat teman saya terinspirasi membuat suatu hal yang lebih besar ( yang ini masih off the record, katanya)...

Memang, kita tak pernah tahu darimana sebuah ide bisa muncul...kapan saja, darimana saja, dari siapa saja. Seperti halnya saya, bila melihat benda-benda tak berguna, selalu otak saya berpikir untuk bisa mebuatnya lebih bermanfaat. Seperti kali ini kantong-kantong dari kain tule transparant yang biasanya kita dapat dari bungkus souvenir bila ada yang hajatan. Saya tak pernah membuangnya begitu saja, paling tidak saya gunakan itu untuk wadah pengharum ruangan , bisa kamper atau potpouri yang berbau rempah itu.
Saya letakkan dengan cara menggantungnya dibeberapa tempat yang perlu, bisa di kamar mandi, di almari baju, bahkan juga di body kipas angin. Supaya ruangan di dalemBadran selau wangi dan segar....
Beberapa hal sederhana yang mungkin btak terpikirkan oleh yang lain dan agak-agak konyol diantaranya adalah menyulap akuarium bekas milik tetangga menjadi rak pajangan pernak-pernik, juga mengisi botol-botol bekas dengan aneka bijian dan pasir laut...

Ternyata dari hal yang kecil dan sederhana , yang nyaris tak terpikirkan oleh kita, kita bisa mendapat manfaat yang lebih besar...rumah jadi harum, meminimalisir sampah rumah tangga pula...Saya senang dan bahagia bila hal kecil dan sederhana dari saya bisa membuat orang lain senang dan bisa mengambil manfaatnya...


kamper didalam kain tule itu...



Kantong kain tule wadah kipas dari souvenir hajatan, dibuang sayang...



letakkan dibeberapa tempat yang perlu, bisa di kamar mandi seperti ini...


Sob, hal kecil sederhana apa yang pernah kau lakukan hingga mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk keluarga dan lingkungan kita ?


5 komentar:

Indra Mahardika mengatakan...

IDe memang bisa didapat dimana saja.

Klik link ini : http://blogmasindra.blogspot.com/2008/10/cara-cara-mudah-ngedapetin-ide.html

Anonim mengatakan...

Benar kata teman mbak, kamar mandinya cantik...banget...

ernut mengatakan...

asal sarung tile jangan diganti dengan sarung bantal..boros kamper...

Tuti Nonka mengatakan...

Wah, kamar mandinya Mbak Ayik cantik bangeeets. Kalau saya numpang mandi disitu, pasti nggak mau keluar ... sampai ketiduran 'kali ... :(

andy.web.id mengatakan...

kecil nggak musti tidak memuaskan...
seringkali yang kecil malah menggelitik dan menumbuhkan inspirasi, inovasi...