Rabu, 17 Juni 2009

nama aslinya, kelaut ajah....


Beberapa waktu lalu saya ketemuan dengan mantan teman-teman SMA, eh...teman-teman mantan SMA, eh...apa dong yang bener...Kan mereka sekarang masih berteman sama saya, cuma dulu waktu di SMA, sekarang sudah tidak lagi di SMA yang dulu...piye tohhh...bingung akuuu....

Jadi ceritanya ketika bertemu beberapa orang yang pertama kita bahas adalah rencana hangumpulake baling pisah alias reuni. Gagasan reuni kali ini muncul dari saya yang notabene mantan pasukan 3 IPS 1 SMA Negeri I Karanganyar yang paling nganggur sedunia...qiqiqi....Lhawong pengacara saja kok ya bangga...

Wis nggak papa, yang penting teman-teman setuju dengan rencana reuni yang entah kapan akan dilaksanakan. Yang penting adalah menggalang para mantan teman sekelas yang sudah tersebar di seantero penjuru dunia. Saya didhapuk sebagai seksi umyeg, ya konfirm, ya mencari sisik melik dimana teman-teman berada, untunglah, begitu banyak media yang bisa digunakan mencari teman-teman lama. Bisa lewat fesbuk, friendster, gerilya kerumah teman-teman, lewat telepon dan sms.... Sudah kebayang akan seperti apa pertemuan kita nanti, sebagian dari kami malah sudah mulai menghidupkan memori lama jaman SMA lewat sms an atau fesbukan. Meski hingga kini kami masih saling ngampet untuk tidak ketemu muka, alasannya mereka berada nun jauh dikota lain yang cuma bisa mudik kalau menjelang lebaran saja. Sekalian menabung kangen, katanya...sapa tahu ada yang CLBK , kata teman-teman...halaah...apa juga maksudnya...qiqiqi

Buat saya, rencana reuni ini membawa kesan tersendiri. Selain sudah membayangken bagaimana akan jadinya suasana ketemuan kanca lawas, terus terang saya bahkan lagi kepyur-kepyur membayangken wajah teman-teman lama saya....Tahu sendirilah, saya memang parah kalau sudah masuk dalam ranah memori ingat mengingat nama dan wajah seseorang. Kemaren saja ketika beberapa teman-teman mengkonfirm saya, alih-alih merasa surprissed saya malah bingung mengira-ngira seperti apa bentuk wajah si empunya nama...qiqiqi....

Teman-teman saya sekelas ada 45 orang, 22 orang diantaranya laki-laki. Nah para teman lelaki ini semuanya mempunyai nama julukan ( basa jawa : paraban). Nah, sangking cerdasnya saya, saya malah tak ingat nama asli mereka, yang saya ingat ya nama panggilan yang sudah saya patenkan dalam otak saya. Jadi ketika kemaren harus mengkonfirm seorang teman ada kejadian yang agak memalukan...Saya sudah memencet nomer telepon teman saya, diseberang sana seseorang mengangkatnya...
Sekretaris bos : selamat pagi, Ibu... Bank....disini, ada yang bisa saya bantu
Saya ; selamat pagi Mbak, bisa saya bicara dengan Bapak Biting ?
sekretaris bos : Maaf Ibu, dikantor kami tidak ada yang namanya Bapak Biting. Mungkin ibu salah sambung
Saya : maaf, Mbak. Terima kasih...

Tentu saja, tidak ada yang namanya Biting disana, wong Biting itu nama panggilan teman saya yang sekarang jadi bos sebuah Bank besar di ibukota provinsi itu....But, siapa ya nama asli Biting ini...dan sampai setengah jam kedepan saya tak berhasil mengingatnya.
Lalu saya coba tanyakan kepada seorang teman yang lain...Ya Allah...nama aslinya ternyata Supri Maryanto Adji...qiqiqi....keren-keren begitu kok dipanggilnya Biting. Ini ada riwayatnya, ketika kita duduk dibangku kelas II SMA alkisah Supri ini makan SGPC alias sega pecel, nah tanpa disadarinya dalam sayuran pecel itu terkandunglah sepotong lidi alias biting (jawa) , maka tertelanlah dengan sukses silidi itu oleh Supri. Tragedi ini diakhiri dengan sebuah tindakan operasi untuk mengeluarkan lidi dari perut Supri dan menyelamatkan nyawanya...Sejak itu, kami mengenalnya sebagai si Biting...
Nah lanjut kisah pencarian Biting oleh saya. Ketika saya akhirnya mendapatkan nomer Hp Biting maka kamipun akhirnya bisa berkomunikasi dengan lancar, bahkan lanjut di fesbuk...dan saya tetep keukeuh memanggilnya Biting kendati beliau sudah seorang petinggi dijajarannya. Nyatanya dia tidak keberatan tuh saya sapa dengan panggilan akrab Ting...qiqiqi...katanya gak perlu jaim-jaim an meskipun sebagian teman di friendlistnya adalah kolega yang bukan orang sembarangan....Thx ya Ting...

Ada lagi teman saya yang dulu kita panggil dengan nama Bence, karena perwujudannya mecece (kecil, mungil tapi sok sangar dan kemaki) sekarang sudah jadi kepala BPN di sebuah kabupaten. Nama aslinya Priyanto. Trus ada lagi yang kami panggil Lepen karena setiap kali telat masuk kelas jawaban untuk pak Guru adalah " saking lepen ( = sungai / kali) ". Nama-nama aneh yang lain adalah : Lhemboet, Thiwul, Dreckpeck, Ebiet (penampilannya mirip Ebiet G. Ade), Begog, Bakir ( ini namanya Endarto, tapi karena dia ngenger pada seorang pamannya yang dokter terkenal waktu itu - dr.Bakir- maka kami mengganti namanya dengan semena-mena dengan panggilan Bakir)...masih banyak lagi...Dan semua nama panggilan mengandung riwayat yang ditanggung tak terlupakan oleh si empunya nama...

Hari ini, sudah hampir 80% teman-teman konfirm akan kehadirannya dalam reuni nanti...Yang menjadikan saya bingung adalah, kendati sudah merasa dekat dengan suara mereka di telepon saya masih harus bekerja keras mengingat-ingat wajah teman-teman SMA saya...kemaren beberapa kali tertukar identifikasi, yang saya pikir si A, saya tebak-tebak ciri fisiknya ternyata tertukar dengan teman yang lain....wis ta saya ini memang payah... Beberapa teman dengan penuh kasih sayang setengah merasa kasihan merasakan beban psikologis saya bahkan menelepon saya sembari memberikan ciri-ciri fisik paling spesifik yang diindikasikan bisa membantu saya mengingat wujud dirinya, misalnya " Yik, aku sing untune rada mintip-mintip..."...qiqiqi....itu pasti Pujiastuti..... Lalu ada yang bilang, " aku Teguh , Yik ,yang pernah kamu gaprok pakai tas tentaramu..."....
Lalu teman saya Dreckpeck mengindikasikan dirinya sebagai sesosok cowok yang selalu berbaik hati kalau saya nanya kepadanya, " Peck, tembus nggak ?", kalau saya lagi M dan khawatir dengan rok putih saya yang jangan-jangan ternoda darah...hahaha...lha wong cowok kok ya saya tanyai masalah sensitif itu...Alasannya, dia duduknya tepat dibelakang bangku saya. Thx ya , Peck...ehhh..tapi nama aslimu sapa ya ?

Pokoknya, teman-teman saya yang sudah tahu tabiat saya pasti rela banget saya plekotho dengan nama lama yang tidak keren itu...
Nama asli mereka... ? kelaut aja daah....


7 komentar:

ernut mengatakan...

wah proyek satu kelar, proyek baru datang!
btw, konco mantan SMA ada yang eks boyfriend-mu ndak yik? suit...suit!!

Romantic mengatakan...

tukeran link yuk...

Linda Rooroh mengatakan...

biar gak ketuker2, temen2 yang dateng reuni dikalungin name tag aja yikk.. aman kaannnn

ellysuryani mengatakan...

Hehehe. Wong temannya sdh jadi bos masih aja dipanggil biting. Dasar mbak Atik, xixixi.

Sekar Lawu mengatakan...

@Ernut:
sayangnya mantan BF beda kelas...jadi tidak ikutan. Suiit...suiiit...slamet sega liwet...

@Matematika Itah:
Yuuuk mariiih...., pasti jago matematika nehhh.

@Linda Roroh:
teman2 ngerjain aku yang lemot masalah ingat mengingat wajah. Kagak mau kirim fotonya, jadi aku harus mengira2 wajah mereka yang dulu jadul dan terkini. Masalahnya kita juga kagak punya foto lama...IYa mbak, pakai name tag aja ya solusinya. Bagus...!

@Newsoul:
salah satunya malah sudah jadi wakil bupati disebuah daerah, dan masih aku panggil KUcluk...qiqiqi....

HASTu W mengatakan...

itulah gunanya fesbuk... temen2ku ada yg baru tau nama asliku wakkkk.....

Sekar Lawu mengatakan...

@hastu:
Tuuuu...loe lama nggak nelepon gw...