Minggu, 07 Juni 2009

menapak kenangan...


Saat ini saya sedang beruntung terlibat sebagai panitia penyelenggaran sebuah hajatan nasional yang Insya Allah akan menghadirkan orang nomer 1 di negeri ini yang kebetulan juga akan bertarung dipanggung Capres kembali.

Tapi bukan itu yang membuat hati saya senang kali ini....bukan karena akan bertemu dan melihat dari dekat orang penting ini...tapi karena lokasi perhelatan akbar tersebut ada di sebuah tempat yang buat saya menyimpan memori yang sangat indah.
Masa kecil saya, dari tahun 1974 sampai 1979 sempat saya habiskan dilingkungan tembok keraton Kasunanan Hadiningrat. Coba simak cerita masa kecil saya di sini..

Berhubung H-4 saaya sudah standby di lokasi perhelatan hingga H+1 nanti, maka saya puas-puaskan mengeksplore tempat bermain saya ketika kecil dulu...

Silahkan menikmati gambar-gambar berikut ini. Insya Allah, gambar-gambar kenangan lain akan menyusul...




Tugu perlambang kepindahan Keraton Kartasura ke Keraton Kasunanan Suarakarta



Meriam Nyai Setomi yang dikeramatkan


Meriam yang lain yang juga produk jaman VOC



Gedong Radio, konon dulu tempat siaran...mungkin maksudnya studio...


Pengabdian sang abdi dalem yang tulus


Kori Kamandungan, sore hari saat para pedagang yang mremo di Museum berangkat pulang...


Krobongan di Sitihinggil, seorang teman kecil saya pernah kesurupan disini

Panggung Sangga Buwana dilihat dari sisi timur Sitihinggil


Sitihinggil ini tempat saya belajar menari ..., lumayan, dari sini saya mendapat ilmu sekedar bisa menarikan beberapa repertoar tari : Golek Sri Rejeki, Gambyong, Bambangan Cakil, Bondan, Batik...

Para pekerja mulai menata kursi untuk peserta



Lukisan penari Bedaya ini adanya tepat dibelakang kursi yang saya duduki di sekretariat.
Magis yaa...


Sajen di bawah tiang ruang sekretariat




Atap ruang sekretariat, singup dan medeniii....

Pohon beringin tua tepat di depan pintu ruang sekretariat






Id Card, kayaknya lemes dan capek ya...




4 komentar:

ellysuryani mengatakan...

Siip. semoga Konggresnya berjalan sukses dan lancar ya. Ditunggu postingan ttg acara itu nanti ya mbak Ayik.

iburumpi mengatakan...

waahh poto-potonya bagus banget mbak....aq jadi inget terakhir ke sana pas masih kelas 4 es-de.... pengen ke sana lagi someday....

ernut mengatakan...

big project!

Tuti Nonka mengatakan...

Mbak Ayik, saya baru saja berkunjung ke Keraton Solo. Besok saya posting ya ... (sayang nggak ada foto Mbak Ayik lagi njoget Gambyong di Sitihinggil)