Senin, 03 November 2008

Jambu metE


Ernut bilang saya ini termasuk dalam species pemakan segala atau omnivora. Bahkan secara guyon, sahabatku Ernut menjulukiku sebagai Abdul Buthun (menghamba pada perut) dan Tante Slokop...yang kesemuanya merujuk pada satu kata yaitu rakus alias nggragas...qiqiqi... Semua sebutan itu aku terima dengan lapang dada dan iklhas karena pada kenyataan dan faktanya memang Iya...huaaaa...haa...ha... Makanan apa sih yang aku tolak ? rasanya aku tidak pernah menolak jenis makanan apapun, aku termasuk gampang dalam soal thothol menothol, maka tak heran kalau aku sempat menjadi buntalan body tak berbentuk karena overweight di 91 kg...bisa Anda bayangkan...?
Yen tak pikir-pikir..., ternyata kesan bahwa aku doyan dan mau makan apa saja ini ternyata tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa jenis makanan yang aku kurang suka dan aku tidak suka...Tapi coba ya saya ingat-ingat dan saya bikin daftar dulu...nah ini dia daftar makanan yang sebenarnya saya tidak pernah suka...,diantaranya adalah ;jamu brotowali,jamu godhong kates, dan jambu mete alias jambu monyet....
Kalau jamu-jamuan itu ya jelas alasan saya...rasanya yang puahit itu yang membuat saya tidak suka...ya iyalaahhh...secara masih banyak jenis minuman yang manis dan segar yang bisa dikonsumsi kok milih jamu pahit...
Nah, tapi jambu monyet....? entah kenapa saya tidak suka sekali dengan jenis buah yang satu ini, mungkin karena rasanya tidak seger sumyah seperti rasa buah seharusnya...atau karena saya memang sudah phobia sama buah jambunya monyet ini. Seingat saya, semenjak saya melek buah sampai saat ini saya belum pernah suka sama buah jambu monyet ini...
Padahal, yang saya tahu, kandungan Vitamin C pada buah ini cukup tinggi lho, tapi entah kenapa itu tidak cukup menggerakkan hati saya untuk menyukai jenis jambu yang satu ini...Kata ibu saya, rasanya manis-manis sepet (hoahh) dan aromanya tajam,nyegrak , orang jawa bilang...

Dipinggir jalan tepat didepan gerbang rumah saya tegak berdiri sebatang pohon jambu monyet yang saat ini sedang sarat berbuah...hampir setiap hari ada saja gogrokan (jatuhan) buah ini yang tersia-sia, entah terlindas ban sepeda motor atau mobil yang lewat atau sengaja diinjak para pejalan kaki yang lewat...atau paling-paling dipetik anak-anak buat main pasaran....Sayang ya...? Rupanya, bukan cuma saya yang kurang suka pada buah jambu monyet ini....Sebenarnya sayang juga ya, buah ranum segar itu harus terbuang...paling-paling oleh YangTi akan dipetik metenya saja untuk dikupas supaya bisa dijadikan mete goreng...Tapi harus sabar memprosesnya, secara mete bentuknya kecil begitu...Halaah...males deh ngupasnya, tapi tidak malas untuk makannya kalau sudah jadi mete goreng, tentu...

Tapi hari ini buah jambu monyet kami ada peminatnya, yaitu Mbak Isih yang lagi hamil muda dan katanya ngidam buah jambunya monyet itu....Monggo silahkan dipetik sesuka hati,Mbak Isih...semoga bayinya kelak lahir selamat dan tidak ngecess.....(kan udah keturutan ngidam jambu monyetnya...)

Ada yang kepengin jambu monyet saya ? silahkan mampir ke DalemBadran saja, silahkan dipetik sepuasnya....monggo....

19 komentar:

Haris mengatakan...

Saya mampir, mau minta jambu monyetnya...

Mbak kok gak suka jambu monyet sih. Apa ada pengalaman pahit sama monyet??? he.he.he.

Sekar Lawu mengatakan...

@Erik: satu2nya tanaman buah yang tidak dilindungi oleh yang empunya pohon...jadi ini pohon bebas siapa ajah yang mau metiknya....silahkan dipetik Mas erik...

Alasan saya cuma satu kenapa nggak suka sama monyet...eh jambu monyet ini...lha wong buah lain yang manis-seger-kecut ajah banyuak kok milihnya jambu monyet...yang sepet...nggak deeh...

Ayik dan Ernut mengatakan...

Ayik bertanya: " nut, iki bbuah apa?"
ernut menjawab, "iki jambu, monyet!"

(mlayu ngenjrit!)

Anonim mengatakan...

hemmmmm....ruasane sueepet kueeecut nggih mbake?

Anonim mengatakan...

Ayik, aku biasanya makan jambu mete dg setup pisang...!! setupnya dimakan...jambu metenya dibuang...ha..ha..ha

Anonim mengatakan...

Waktu pindahan rumah, di belakang rumah ada pohon jambu monyet guede banget.. hii.. langsung sama istri disuruh negor.. wedi ambruk.. (padahal ra seneng jambune).. Jadi kesimpulane.. sama nggak sukanya, mbak... jadi maaf jambunya nggak kupetik... aku minta monyetnya aja kalau ada :-D

Sekar Lawu mengatakan...

@ernut:baiklah monyet, silahkan petik sendiri jambunya ya...bebasss...

(mlayu nggenjrit..., mak gabruss...nabrak YangTi Manahan..." Opo Yik, kau katain anakku monyet ?", kata Beliau, trus disambung sendiri oleh beliau " emang mirip siiih..."qiqiqi...minta ampyunnya...Nut....)

@nDoroSeten:kalau kecutnya sih saya nggak tahu, kalau sepetnya sih pastinya iya...kesimpulanne: nggak enak...

@Joko: bisa aja bikin orang kedher, tibakne padha gak sukannya...toss Mas Joko...!

@Arul:
#1. wedi ambruk
#2. ra seneng karo uwohe
#3. mungkin sang istri berfirasat, dipohon jambu ada penghunine, yaitu ...monyet...

Lha punyakmu mbok tegor, makanya mintak monyet sama aku...ya wiss aku tak ke bontang saja...( lho, aku = monyet ta...? qiqiqi...kesimpulan yang aneh)

Anonim mengatakan...

serius pernah sampe 91 kg??fotona duongggggg.

wah aku dulu malah suka jambu mete apalagi yg punya tetangga ,itu duluuuu waktu masih ingusan

Sekar Lawu mengatakan...

@kenny:plis liat postinganku di Arsip 10 Juni 2008,judul posting Kelola. Itu aku di 91 kg....foto dibuat pada Mei 2004.
Dua bulan kemudian,aku bertekat untuk menurunkan secara bertahap beratbodiku...dan Alhamdulillah, berhasil !
Sekarang, setelah 4 tahun berjalan, aku stabil di 61-63...Horay...

Anonim mengatakan...

nek pas nang karanyanyar aku arep menek wit jambu, monyet!

Anonim mengatakan...

glegek .... liat foto jambu monyetnya :)

kalo di sini aku suka beli metenya saja mbak, ra ono jambune soale, lagian kecut ya, tapi kalau dirujak pedes oke tuh ... aduh glegek glegek nih

Anonim mengatakan...

waktu kecil pernah punya pohon jambu monyet. rasanya manis sepet. kadang bikin bibir perih...okelah tapi gak doyan. tapi kalo kacang mete-nya sih suka

Anonim mengatakan...

woiii... keren amat (si amat aja nggak keren loh).. 91kg bisa turun menjadi 61-63kg.. gimana caranya? share donk.... :-)

Anonim mengatakan...

wahhhh ini makanan favorit waktu masih kecil..kayaknya sekarang susah bgt ya nyari jambu monyet..kalo monyet nya sih masih banyak hahahahaha

Anonim mengatakan...

tau blog ini dari milis kassmaji..salam kenal, ibu..

saya jarang makan jambu monyet, tapi dulu waktu kecil senenggg banget..dikasi garam utk ngurangi sepetnya...

ahhh...jadi pengen nostalgia ama si jambu monyet.

Sekar Lawu mengatakan...

@andimse:gak usah dipenek Mas, malah ambruk wit ku...cukup rendah kok untuk disenggek atau agak mumbul2 dikitlah...(kayak monyet)
Kalo ke kranganyar jangan lupa ajak nyonyah & anak2 yaa...

@Ely: awas El, jangan ngeces ya....
Yang aku suka memang cuma metenya kaluk sudah digoreng garing apalagi dibumbu pedhes...sedhyapp....(clegukk)

@Nita:sambil tunggu tung-itungan pilpres bisa sambil nyemil kacangmede ya Nit...Salam buat Om Obama yaa...

@Arul: kamu pake kacamata pembesar (suryokontho), jadi kaluk pas makan, ambil makannya dikit ajah, disawang pake kacamatamu ituh...segalanya jadi nampak besar dan banyak...efek kenyangnya terasa beda....

@novnov: (prihatin) kok ada yang paporit sama jambumonyet...ayo mampir ajah kerumah saya...mumpung lagi banyak tuh buahnya...trimakasih ya sudah mampir ke sekarlawu...

@rere: milis kassmaji ? wow kereen....trimakasih sudah singgah...
BTW, ditunggu tuh sama si jambu,monyet...qiqiqi....

Riema Ziezie mengatakan...

klu mba ga suka boleh dong dikirim ke zie heheheh zie suka banget tuh dah 7 tahun kali ya zie ga makan jambu mete

dyahsuminar mengatakan...

waah...bunda sudah tua..takut batuk makan jambu monyet..
Dulu...kalau mau makan pakai garam,kecap..lombok...lho kok lengkap..jadi gak terlalu asam..

Sekar Lawu mengatakan...

@ZieZie: ayo pinarak ke dalemBadran, buah jambu dan monyetnya menunggumuu...

@bundaDS:waah Bunda lumayan pernah mencicipinya ra ketang abis itu kesereten alias gerok ya,Bun...kaluk sayaa.....ogah aahhh...