Senin, 15 Desember 2008

Ingkung Sang Primadona

Nampak jelas Ingkung sang Primadona


Ingkung bersama kelengkapan tumpeng lainnya...


Pada hajatan mantenan Mbak Tea di Salaman Magelang kemaren saya ketemu lagi dengan sajian kuliner khas jowo yang bernama tumpeng komplit dengan ingkungnya. Sajen ingkung ini lazim disajikan dalam hajatan dan kendurian. Ingkung merujuk pada seekor ayam (biasanya berjenis kelamin jago) yang dimasak dengan bumbu tertentu, bisa bumbu kuning atau di bacem ungkep. Ayam jagonya disajikan utuh lengkap dari ujung ceker sampai ujung kepalanya, juga lengkap dengan jerohannya...dihidangkan dengan gaya mekungkungnya bersanding dengan kelengkapan tumpeng lainnya, bisa tumpeng nasi gurih/nasi liwet, atau nasi gudangan seperti gambar diatas.

Kenapa saya sebut sang Primadona, karena ketika ada sajen tumpeng sakuborampene, yang jadi inceran para hadirin yang ikut kondangan adalah ingkungnya...Setelah selesai di hamin-hamin, pasti ada yang ngincer endhasnya (kepala), ada yang pengin swiwi (sayap), ada juga yang tepong sak cakare, atau rempela atinya...wis ta, semua bagian dari ingkung ayam selalu menjadi yang duluan ludhes dibandingken uborampe tumpeng lainnya. Gak percaya ? ndhak pa-pa...wong itu hak Anda. Qiqiqi...

Biasanya, kalau saya ketemu ingkung, saya paling demen ngincim brutu (tunggir) nya....yang menurut Karin, selera makan yang tidak elegant...qiqiqi...E, lha anak ini belum tahu kalau brutu itu enak gurih dan kenyil-kenyil...

Tapi ada kepercayaan jaman saya masih kanak-kanakdulu, anak-anak nggak boleh makan brutu supaya tidak getun mburi (menyesal belakangan)...Pamali, katanya.
Ya iyalaah,getun pasti mburi dong...mana ada menyesal di depan ?

Waktu kecil dulu, ada makanan yang harus dipantang dengan alasan pamali nggak ?

28 komentar:

Anonim mengatakan...

dulu dibilangnya klo makan brutu jadi cepet pikun, anak2 gak boleh makan(pdhl apusi wae yoo).
anak2 skr ya, malah pada jijik ama brutu.

Anonim mengatakan...

..ono mbak..makanan colongan..!!!

Anonim mengatakan...

ga begitu suka ingkung, coz ndasnya biasanya keras begete so gak bisa diklethakin kecuali dijepitin pake lawang dulu, kek buah dondong ajah

makanan pamali waktu kecil: pakel
sekali2nya nyolong, seminggu bibirnya jontor2, abis itu paranoid begete deh ma pakel.
Eh abis ke medan, jd doyan lagi tp namanya udah ganti jd kweni, dijadiin es jus.

Sekar Lawu mengatakan...

@kenny:
'Tul Mbak, aku dulu juga selalu diapusi kalo makan brutu ntar dadi lalen (pelupa), bareng wis tuwa aku baru ngeh..maksude, kan brutu itu enyakkk...kalok makan brutu kita bisa jadi lupa ...lupa pada mertua yang lagi lewat depan meja makan kita, maratuwa lewat ora dimanggakne apamaneh di ajak dhahar bareng sangking enake si brutu...dasar mantu durhaka...qiqiqi...brutu jadi alesan.

@DjokoWA:
Horokk ta...berarti durung tau nyolong panganan dong Mas...baguss!

@JiMI:
BUkan pakelnya yang bikin kuwalat, tapi Nyolongnya itu yang bikin beban psikologis pada penyolongnya...qiqiqi...JiM, pakel kayake beda deh sama kweni. Pakel lebih gedhe dan kulitnya lebih tebel,Mungkin kamu ngupas kulitnya tipis2, jadi masih ada kulit arinya yang menimbulkan gatel dibibir...untung ora dititeni sing duwe wit pakel ya...qiqiqi

Linda Rooroh mengatakan...

ayam sabiji dikroyokin rame2.. pantesan aja ayik cuman kebagian brutu.. hehehe...

makanan pamali waktu kecil : ndak ada semua disuruh makan sama ibuku, wong bidan.. pengen anaknya sehat dan gemuk kayak ibunya..

Sekar Lawu mengatakan...

@Linda:
Ingkung itu biasana tunggal Mbak Lin..., makanya jadi rebutan dong...
Ibumu memang bener...ibu yang baik...

Anonim mengatakan...

Anak saya nggak doyan brutu.. katanya tempat xxx (maaf).. jadi sekarang saya nggak perlu repot nglarang2.. Saya heran deh, kenapa orang tua dulu seneng banget sama brutu ... hiiiii :-)

Anonim mengatakan...

mbak ... mohon kirimi aku ingkung plus sekilo ndas pithik ... please ^_^

Ernut mengatakan...

seperti ibu2 itu suka menyerbu apa saja, nggak cuma ingkung, tul to?

Sekar Lawu mengatakan...

@Arul:
itu pula alasan karin tentang bagian ayam yang paling gak elegant...

@Ely:
Oke El, besuk aku kirim yak...tangkep yak...

@Ernut:
apalagi kaluk diskonan 50%+50% plus kaluk bawa guntingan koran nasional plus diskon 20% lagi ya Nut..., biar gak butuh ya maksa dibeli juga tuuuh...

Anonim mengatakan...

ingkungnya utuh yak
aku gak ada pantangan apa2, cuma abangku waktu kecil gak mo makan coklat soalnya dikirain ee'

Sekar Lawu mengatakan...

@cewekIOWA:
temannya Nita ya ?
Iya, ingkung itu artinya ayamnya utuh Mbak...
Abang mungkin ingat peribahasa, kaluk sudah cinta, tai kucing rasa coklat...

Anonim mengatakan...

Brutu??? Saya seneng banget tuh. Tiap kali makan brutu, saya mesti inget kepercayaan itu. Tapi...setelah itu...peduli amat sama getun mburi. Enak, sih.

Anonim mengatakan...

tes...tes...tes....ingkunge netes...eh, ngiler ngeces, mbak...
jadi ingat bancaan kalo pas rebutan ingkung, wah jan sedep tenan !

Sekar Lawu mengatakan...

@Ullyanov:
Mas arif penyukak brutu juga too...Tos dulu Mas!, Tosss!

@goenoeng:
letak sensasinya ya di acara rebutan itu Mas...Apalagi kaluk pas gak komanan...uanyeelll...

Riema Ziezie mengatakan...

mau dibagi ingkung ayamnya mba Ayik...nyam nyam pasti uenak ingkung bikinan mba ... gurih

Haris mengatakan...

Iya mbak, katanya memang anak anak gak boleh makan brutu. Untung aku gak suka daging ayam.

Anonim mengatakan...

walah... mbak ayik ke salaman magelang kok mboten mampir tho???
katuran pinarak menawi dolan magelang malih...
kula wonten sak celakipun borobudur..

Anonim mengatakan...

So ...
Ingkung itu Ayam Komplit ya Bu ...

hhhmm ..

BTW saya ketawa membaca ... bahwa yang ibu ambil duluan adalah ... brutu nya ...

Hehehe hidup "De Broets" ...

Sekar Lawu mengatakan...

@Ziezie:
Malas kaluk harus bikin sendiri, kecuali pas ada event kayak kendurian dsb...

@Erik:
temen saya persis Mas erik, gak doyan daging ayam, sukanya malah daging...tokek...tenan iki mas...

@Ciwir:
Lhah, tahu begitu saya mampir ya Mas. Kebetulan lagi kondangan di Soca, Salaman, kampung depan puskesmas pembantu salaman itu lho...Cedhek ya ?

@Nh 18:
Bentul Pak, maksudnya komplit seluruh sparepart ayamnya utuh terhidang..., paling asyik kalau mulai di "potheng2" ketika mau dimakan...sensasi rebutannya itu lho...

Anonim mengatakan...

tapi nggak ono sing ngicer brutune po mbak?
mundak ora ilok yo?

astrid savitri mengatakan...

waduh, brutu..ingkung...

salah deh ke sini pas lagi laper :)
sayangnya di KFC enggak jualan brutu ya, kan enak tuh brutu crispy atau orginal recipe, hehe...

MUJAHIDIN Kaliwungu Kendal mengatakan...

Saya biasa setiap ada hajatan kayak gitu itu...selalu pesen sama yang empunya gawe...bahwa jatah saya ada Kepalanya.....

Atau kalau berebut....iya saya berani bertarung dengan siapapun untuk mendapatkan Kepala Ayamnya...
Nggak tahu iya....Citra Rasa Kepala Ayam itu laen daripada yang laen....

Nggak percaya, coba aja nikmati Kepala Ayam...secara khidmat detail rasa per rasa...pasti ada sensasi rasa yang lain nikmatnya luar biasa.
Sumpah wis

Sekar Lawu mengatakan...

@ndoro Seten:
Lhoh, piye toh Mas, genah ana sing ngincim brutu sejak pertama ingkung ini terhidang...Siapa ? ya , aku dong...lakonee....

@Astrid:
Kalau ini diusulkan ke KFC dan dituruti piye ya critane Trid ? aku pembeli pertamanya...qiqiqi

@JahidKLW:
Toss!, selain brutu, saya jugak hoby nglethaki nDhas pitik...sensani nya terletak pada saat menceplus Mata ayam nya dan Nyuthik otak nya yang keciiil...itu...qiqiqi

Anonim mengatakan...

brutu ya...dulu memang saya pamali (tidak dibolehkan) oleh orang tua saya...abis enak sih (kan lembut tuh dagingnya). Nah setelah besar, bisa beli brutu doang. Di Jepang ada loh sate brutu doang. kolesterol tinggi tapi loh hahhahaa.

dulu saya juga ngga boleh makan kepala ikan....soalnya kesukaan bapak saya. Waktu itu sih alasannya banyak tulang hihihi

EM

Anonim mengatakan...

Iya, anak kecil nggak boleh makan brutu, soalnya brutu itu enak, jadi untuk orang tua saja ....
Jaman dulu kok ya percaya sja, dibilang anak kecil nggak boleh makan brutu ndak jadi pelupa.

Makanan pantangan saya? Makan orang! Qiqiqiqi ...

Tuti Nonka

Sekar Lawu mengatakan...

@Mbak Tuti & MBak Imel:
Kesannya ortu kita itu pada main enak sendiri yah ? yang enak buat papa mama, yang balungan (tulang) buat anak2nya...qiqiqi...sekarang saat kita sudah tuwir, baru deh sadar kalok dulu kita ketepuuu....

Anonim mengatakan...

dari dulu sampai sekarang saya paling jagoan incer2 itu