Senin, 22 Desember 2008

Mundung aka Ceplusan




mundung aka ceplusan, menggoda iman...




Tampilan mundung setelah di ceplus...kecut asem manis dan seger...

Lhah , ini dia satu ragam buah yang sudah lama sekali nggak saya temui. Ketika hari minggu kemaren jalan ke pasar Jungke pandangan saya tertumbuk pada seumbruk buah yang bentuknya bulat-bulat sedang warnanya orange kekuningan, kesannya segar merona dan menggoda...qiqiqi...langsung saja saya sambar seonggok buah mundung ini...kangen jeee....
Bentuknya mirip-mirip buah duku, hanya saja kalau duku kan kulitnya lebih tebal, begitu pula daging buahnya berwarna putih kekuningan. Nhah, buah mundung ini kulitnya tipis, butirannya pun tak sebesar buah duku dan buah langsep. Daging buahnya berwarna merah jambu bening. Rasanya ? kombinasi manis - kecut asem dan segerr....Untuk ngrahapi buah mundung ini saya punya cara nikmat yang menurut saya asyik, yaitu dengan men 'ceplus' nya. Jadi tidak dikupas kulitnya seperti kita mengupas buah duku, tapi saya kremus sak kulit2nya, lalu kulitnya saya lepeh dan saya sisakan daging buah (plus bijinya, tentu) untuk saya telan... jangan lupa, sebelum menceplusnya hendaknya cuci bersih buah mundung ini dengan air mateng, bila perlu. Supaya hygienis,tentu.
Mungkin itu sebabnya buah mundung ini juga dikenal dengan nama ceplusan, karena cara makannya adalah dengan di ceplus alias di kremus...Paham ?

Dulu waktu masih kecil, sering Ibu membawakan oleh-oleh buah mundung ini dari pasar. Kini setelah jarang-jarang menemuinya di pasar, saya selalu kalap setiap melihat mundung dijajakan ...jadi, setiap ketemu bakulnya bisa dipastikan saya akan memborongnya untuk dijadikan kudhapan menyegarkan...tombo ngantukkk...

Harganya ? jangan ketawa ya...Rp 1.000,- per kilonya...murih teniiin...ta ?.


Sekarang ini saya masih punya satu ragam buah yang sangat saya kangeni, terakhir ketemu buah yang saya cari itu kira-kira 25 tahun yang lalu, namanya buah gowok, warna kulit tipisnya hitam keunguan tapi daging buahnya berwarna putih bersih, rasanya kecut seger juga....Kira-kira, teman2 tahu nggak dimana saya bisa mendapatkannya ?...Pengin niih....

12 komentar:

Anonim mengatakan...

..whua..ha..ha...mbakyu-ku satu ini memang lain dr yg lain...orang lain pengin kiwi, apel atau pulm...lha ini kok ngidam 'gowok' lho...??!! 'gowok' sdh tidak ada lagi, krn sekarang sdh abad 21...dilarang keras nanam/ makan 'gowok'....he..he..he

Anonim mengatakan...

Waduh.. saya belum pernah ngerasain buah ini.. suer.. Dikirimi dong, mbak. Disini adanya yang daging buahnya putih.. mirip duku tapi bukan duku.. lali jenenge :-)

Linda Rooroh mengatakan...

buahnya antik banget sih yik.. aku malah gak pernah liat dan nemu... norak ya gue..

Anonim mengatakan...

ya aloh ya robi.... nyaris lupak ma ceplusan, ini mah nyamikan se-hari2 kalo lagi maen jaman SD di magelang doooh....

geloook.... nih postingan blog in bikin gw klepek2.
modah2an ntar istriku tau bhs indonya n doi tau belinya dimana di jkt coz gw puengiiiiin............

(norak lu)
biarin

Sekar Lawu mengatakan...

@Mas Djoko:
Baru tahu aku kaluk diabad 21 ini dilarang makan/nanam gowok..alamat ngidam gak keturutan ya Mas...Memang ini sudah jadi buah langka tenan....

@Arul:
kaluk yang dagingbuahnya putih kayak duku tapi agak keras itu namanya langsep Mas...

@Linda:
bukan norak Lin, emang kaluk dikota jarang ada...orang kota mungkin ggak sukak...

@JiMi:
kasihan Mas Jimi...buah ini maih banyak di karanganyar, kaluk mau datang ajah...

Arief Firhanusa mengatakan...

Mbak Ayik tau bener gmn bikin untuku langsung cekut-cekut. Ini kan kecut bianget tho mbak? Eling jaman SD dulu, tampang bloonku diketawain pakde saat kekecutan maem mundung ini ... bhwakakakak ...

dapoerkoe mengatakan...

hualow jeng . . . .
kepasar setahun sekeli sj koq ya pas nemui pundhung lho . . .
tahu gt kmrn2 tak uncali,jeng . .

buah ini emang penuh nostalgia buat bnyk sebagian org (desa kyk kita, ya ? ). kacian yg blm sempat ngrasain sensasi rasanya yg tak bisa di tls dgn kata2. ha ha ha biar tmbh penasaran yg blm nyoba.

untuk gowok, kata temen ak, msh bnyk di kuburan,jeng. berminat ambil, po ? ?

ssst . .bentar lg tempat kakek ak girilayu musi buah KEPEL.
hayo, dah pernah mkn blm ?

Anonim mengatakan...

aku jg doyaaan banget buah mudndung ini..walo baru tau kalo namanya mundung. rasanya bener2 nano2 ..asem2 manis. dan bikin ketagihan.
mamaku dulu juga kalo bkn sambel terasi, trus dibejekin buah mundung ini...wuenak bangeeeet...
hiks ... pengeeeen.

gowok itu apa??? aku belom pernah denger nama buah gowok

Anonim mengatakan...

disini blm nemu mundung, wah liat aja gemecer ki.
gowok malah lagi denger .

Sekar Lawu mengatakan...

@Mas arief;
Horok ta, bukannya nggak makan mundung itu tampang sudah bloon...?...(lari dioyak Mas arif...ampuuun Mas...)

@Mbak Lis DapoerMoe:
Piye toh ? lha wong saben dino sobo kebon...eh pasar..kok dibilang setahun sekali. Yang setahun sekali itu adusku Mbak, bareng Kyai Slamet, tanggal 1 Sura...sesuk...qiqiqi

@IchaAwe:
Lhah, baru sekali ini aku denger sambel dikecrotin mundung, nyubak ahhh....

@Kenny:
Wah. pasti susah kaluk di Penag, makanya musti mudik dulu ke semarang, pasar johar banyak tuuh...
Gowok kuwi sejenis jambu bol Mbak, warnanya hitamkeunguan, bentuk bulat padat lebih besar dari duku, dagingnya putioh bersih rasanya....DC (dawa critane)...

Anonim mengatakan...

saya ada pohon buah gowok mbak, tapi di Kendal... ongkos petiknya mahal... hihihi

Sekar Lawu mengatakan...

@AndyMSE:
Berjanjilah padaku Mas andy, utnuk membawaken buah gowok buat akuu...someday