Senin, 15 Maret 2010

CeBeEr



saya pasti lagi bohong kalau saya bilang saya nggak pernah cemburu....atau CBR, versi Karin pembarep saya....

mengapa saya tiba-tiba nulis tentang cemburu ? hal yang kagak penah seumur-umur pengin saya ekspos...jujur, saya tidak pernah merasakan yang namanya cemburu intens seperti yang saat ini saya rasakan....cemburu, menurut definisi saya adalah suatu reaksi negatip terhadap rasa terancamnya suatu hubungan....hubungan bisa apa saja kan ? hubungan percintaan antara dua orang yang selalu minta disebut kekasih. hubungan pertemanan dekat, bahkan hubungan teman yang biasa-biasa saja...yang membedakan adalah type dan kadarnya.
yang sedang saya alami saat ini adalah perasaan cemburu karena ada perasaan terancam karea imajinasi yang saya ciptakan sendiri...dan yang bikin saya agak parno, perasaan seperti ini kok makin hari makin menjadi...hiks... saya cemburu dan bisa menjadi sangat kekanakan, membuat saya menjadi setengah hypokrit..suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Yang saya pengin bahas disini, apa benar cemburu itu indikator rasa cinta ?

Dulu saya pernah empet waktu seseorang sering kali menanyakan hal yang sama ' kenapa sih kok kamu gak pernah cemburu ? " pada saat yang sama saya menanyakan kepada dia (sang penanya ) dengan pertanyaan, " kenapa sih kamu cemburuan ? aku capek dicemburuin, tauuuukkk....?"

lantas dijawabnya, karena dia sangat cinta dan sayang kepada saya ....Oh ya ? jadi yang ada dibenak dia, kadar cinta dan sayang saya pada dia adalah lebih rendah levelnya hanya karena saya tidak pernah ( baca: jarang ) cemburu kepadanya...Jiyaaahhhhh....

Sekarang, pengin tahu nggak kenapa saya jarang cemburu ?

Buat saya, cemburu itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan cinta pasangan ( pasangan apapun itu ). cemburu itu lebih karena seseorang terlalu mencintai dirinya sendiri, saking cintanya dengan diri sendiri orang tersebut ingin semua hal yang ada dan yang terjadi harus sesuai dengan apa yang diharapkannya dan dia akan sangat ketakutan alias parno dengan adanya kemungkinan "sakit" karena apa yang dia harapkan tidak terpenuhi.

Buat saya, cemburu itu bukan (tanda) cinta. Karena cemburu itu menyakiti, menyakiti teman/pasangan yang kita cemburui, dan menyakiti hati saya sendiri. Nggak enak banget dicemburui....sakit karena merasa tak dipercayai. Cemburu adalah bentuk insecurity alias ketidakpercayaan diri seseorang.Kalau seseorang merasa secure, merasa nyaman dan cukup percaya diri saya kira bisa meminimalisir perasaan yang mengarah kepada yang namanya cemburu...

Tapi akibat menafikkan sebuah perasaan yang berpotensi memunculkan rasa cemburu ini orang seringkali kehilangan kewaspadaan untuk menjaga 'sesuatu' yang menjadi haknya, dan seringkali semua baru disadari setelah melalui tahapan'terlambat' ...douh....

(menggantung ending posting ini sembari mencari jawaban pertanyaan...." apakah sekarang saya masih ( juga tidak bisa ) cemburu...? )



pict by : AJP


14 komentar:

Kang Sugeng mengatakan...

Setiap orang ya pasti punyalah rasa cemburu lhawong cemburu itu tandanya cinta koq

Sekar Lawu mengatakan...

@Kang Sugeng:
jadi bener ya cemburu tanda cinta ?

Mechta mengatakan...

Klo menurutku, cemburu itu sebentuk rasa ingin perhatian lebih atau rasa takut kehilangan, hehe...

Anonim mengatakan...

Mbak...Cemburu dikit-dikit boleh dongg, supaya bila kita cemburu, kita jadi lebih berusaha untuk memperbaiki hubungan sama pasangan. Tapiiii..kalo cemburu yang berlebihan itu bikin capek, capek hati, capek perasaan. Hehehe...

felicity mengatakan...

Buat saya cemburu itu tanda insecuritas alias rasa tidak aman yang DIJUSTIFIKASI dengan alasan 'tanda cinta'.... Kalo pasangan dah bilang 'Saya cemburu karena saya cinta kamu'.... kayaknya bisa jadi senjata ajaib yang bikin pasangannya mati kutu (orang dijatuhi cinta kok bukan berterima kasih...)

Pengalaman berpacaran cukup lama dengan mantan (di Indonesia)yang sangat amat cemburuan membuat saya berkaca apa betul cemburu tanda cinta?... Ternyata tidak betul. Untung ketemu hubby yang tidak cemburuan... Cinta yang SEHAT adalah cinta yang SALING PERCAYA, bukan justru curiga atau dihantui ketakutan akan kehilangan pasangannya...

Deuuuuuu.... panjang banget komentarnya :D

Sekar Lawu mengatakan...

@Mechta:
hiks...apapun itu...asal jangan cemburu buta ...

Sekar Lawu mengatakan...

@Mbak Soerjani:
Bener Mbak, sumpah.,..capek bener dicemburuin itu....jadi serba salah...apalagi kalau pada posisi yang kita merasa tidak ada alasan untuk dicemburui....berasa pengin mencekik lehernya...huwaaaaaaa...kejem amat yak saya...

Sekar Lawu mengatakan...

@Mbak Feli:
aku setuju banget, cemburu itu artinya kita belum bisa saling percaya....sedih deh kalau dicemburuin tanopa alasan, sedih juga kalau harus cemburu tanpa alasan...
Hidup saling percaya...!!!!

Agus Joko Purwanto mengatakan...

trus apa hubungan cemburu dengan foto batu pantai di Ambon...

Sekar Lawu mengatakan...

@Mas AJp:
he..he...he...
Thx ya masih boleh makai foto2nya....

Diana mengatakan...

Apa kbr mbak, sehat2 ya? Kangeeen... Dah lama ngga ngeblog, ya sempet drop, sibuk urusan mcm2, deelel deh... Love you,slm u keluarga yaa :)

Sekar Lawu mengatakan...

@Diana:
halo jeng Diana....., kabar baik...semoga dirimu juga.
Kangen juga lama gak baca postingmu yang inspiratif...
Ayo semangat ngeblog lagi...

Miss G mengatakan...

Saya juga tidak suka cemburu, hihi... saya sukanya ketoprak mbak, loh ga ada hubungannya ya? Hihi...

Sekar Lawu mengatakan...

@G:
halah, kalau ketoprak saya juga suka Jeng G.....bagi dunk....