Kamis, 26 Agustus 2010

kamar ini adalah saya




***

jadi siang tadi saya sedikit makeover kamar saya...tak perlu di cat ulang, saya cuma mau bersih-bersih dan geser perabotan kesini dan kesitu. mengganti beberapa pernak-pernik.
OK, sudah saya inventarisasi, lalu saya mulai mengerjakannya....dorong meja rias ini kesini, geser almari sedikit ke kanan, ranjang saya yang customised juga saya geser dikit. dua nakas tetap pada tempatnya, lalu rak pernak-pernik tepat diatas kepala ranjang saya ganti pajangannya...well, gambar2 bersejarah itu masih menjadi masterpiece kamar saya...foto pernikahan, foto saat saya hamil, lalu foto kami berempat...rasanya tak mungkin lagi saya geser dari tempatnya yang istimewa ini...hhhhmmmmm...
lalu diatas meja rias, masih saya letakkan sekeranjang bunga anggrek bulan...bukan bunga segar memang, tapi ini sangat menyerupai bunga favorit saya....membawa kesegaran yang berbeda di kamar ini..juga sebuah lukisan anggrek catleya karya sang pembayun menghiasi tembok tepat dihadapan ranjang saya.
yang menjadi prioritas buat saya sekarang adalah rak buku, koleksi buku favorit tetap menempati ruangnya, disebelah kanan ranjang saya. juga rak khusus koleksi kerudung dan jilbab...dan last but not least...kotak laci berisikan koleksi pernak pernik dan aksesori...halaah...

begitulah kegiatan saya sesiangan tadi belutetan dikamar saya sendiri, tidak mau diganggu sesiapapun...
dan malam ini, saya sedang merenungi sudah berapa malam saya mendiami kamar 3x4 saya ini....kamar yang menjadi saksi banyak peristiwa penting dalam hidup saya...
kamar ini, bukan sekedar tempat...bukan sekedar keterangan tempat...betapa ada banyak hal yang saya lalui dikamar ini...eeehmm...ehhhmmm

saya tak tahu sampai kapan saya akan tetap setia berada disini, seperti malam ini....ya..ya..ya..kamar ini sudah menjadi 'pusat pemerintahan - ibukota ' kehidupan saya dan keluarga kecil saya...setiap pagi, dari kamar inilah segala bentuk aktivitas bermula, dan di kamar ini pulalah saya mengakhiri hari...

dan malam ini saya terbangun, sejenak....menghirup kesegaran hawa kamar yang sudah saya akrabi sejak 20 tahun yang lalu... rasanya tak pernah senyaman ini tinggal disuatu tempat...dimanapun disudut dunia...inilah tempat yang paling membuat saya nyaman dan Pe We...saya tak perlu keluar dari 'kelomang' saya untuk bisa berada dimana-mana...dari kamar inilah segala bentuk imajinasi saya tertumpahkan...ahhh...kamar ini sudah menyatu dengan diri saya...karena kamar ini adalah...saya

meski sesekali saya merasa kamar ini tak sepenuhnya sempurna , karena saya tak pernah bisa melihat bulan purnama bulat utuh dari jendela kamar saya...ya sudahlah...sangat terhibur kala mengingat setiap pagi bangun tidur saya membuka jendela dan masih bisa menyapa almarhum Bapak saya dari jendela kamar yang bila ditarik garis akan segaris lurus dengan makam Beliau yang hanya berjarak tak lebih dari 60 meter dari jendela kamar saya ini.

kemudian saya kembali tertidur...

pulas

saya seperti tak lagi bisa mengingat detail apa yang telah terjadi sebelumnya di kamar ini sejak 20 tahun terlewati.

saya tidak butuh alkohol, atau morphine atau gegar otak untuk hilang ingatan. cukup beri saya demam sedikit, atau rasa bosan dan ketidakmampuan untuk diam atau berkelana keluar dari kamar ini. barang sedetik saja.

karena kamar ini adalah saya...

***

2 komentar:

Mechta mengatakan...

Wow...room sweet room ya mbak... Selamat menikmati 'ibukota' dengan kenyamanan baru ya mbak...

Sekar Lawu mengatakan...

@jeng Mechta: hihihi....menyenagkan sekali kalau kita jadi 'presiden' di kamar sendiri....