Jumat, 27 Agustus 2010

cepatnya waktu berlalu...



waktu TK...

the journey began...tentu saja masih belum ingat apa-apa....2 tahun di TK. ..palingan sekolah masih diantar, kadang suka ngompol dicelana (idiih), makan masih disuapin, masih tinggal di asrama YonKav 2 serbu Magelang. hadir sebagai anak tunggal, masa kecil yg indah namun bagaikan burung dalam sangkar...wedewwww...

waktu SD...
berhubung Bapak saya bekerja sebagai sorodadu TNI AD, maka tak dapat dielakkan lagi untuk pindah2 tugas...jadi Bapak pernah ditugaskan di beberapa markas...di Magelang, di Semarang, di Solo dan terakhir di Karanganyar... Menghabiskan masa SD saya pindah sampai 3 kali... di bangku SD inilah mulai terbuka mata dunia..., qiqiqi...ingat ketika naksir cowok pertama kali, naksir teman sekelas berinisial ***....namanya juga cewek cupu, cuma berani curi2 pandang dan mengagumi saat dia menjadi pimpinan regu pramuka...kalau dia lewat dekat2 kita hati menjadi jedhag jedhug njot2an...jyakakaka...... dulu, 'sangu' Rp 100 saja sudah dapet jajanan seabreg...SGPC, es gandul, rondho gulung, balon pencetan, gulali yang diemek2 tangan si abang tapi enaknya tetep nendang... di SD mendapat bonus perpanjangan waktu 1 semester dari pak Menteri...

waktu SMP...

memasuki masa ABG, masih labil dan mulai merasa paling bener....selalu ada yang bikin hati ini ingin berontak..." bapak-ibu terlalu banyak aturan...huh..", " guru2 kagak keren dan reseh banget"...wis pokoknya kagak ada yang bener deh dimata saya...hahaha...mulai dilirak-lirik teman cowo' juga kakak kelas...rambut saya yang ketika itu panjang sebahu selalu dikuncir dua sama Ibu, pitanya yang lucu-lucu selalu menjadi sasaran teman2 cowok..suka ditarikin trus diumpetin, ntar kalau sudah akhir minggu mereka pada setor itu pita curian...gubrak banget deh... Masa2 SMP ini saya dikenal sebagai gadis kecil manis sekaligus jutek...maklum, sedang mencari jati diri... Nah, kayaknya gen usil saya mulai nampak jelas direntang usia belasan tahun ini...qiqiqi....saya ABG usil yang manis...
tahun 1981, saat itu di solo ada geger anti etnis cina...saya yang waktu itu dikelas 2 SMP, terpacu ikut2an demo...bukan demo dhing...saya dan teman2 ikut2an aksi anarkhis, bawa-bawa sekantung batu buat lempar2in rumah2 orang non-pri...ohhh.. aksi lempar2 rumah nonpri itu baru berhenti ketika kami para anarkhis disemprot air dari branwir pemadam kebakaran...jadilah kami pulang sekolah eh...pulang aksi dalam keadaan basah kuyup dari luar sampai daleman....sungguh itu perbuatan kriminal yang pertama dan terakhir (suwerr...) yang pernah saya lakukan..nggak lagi-lagi duehhh..... di SMP inilah saya menangguk banyak prestasi, dari juara 2 baca puisi tk kodya, juara 1 mengarang tingkat kodya, juara 1 cepat tepat di RRI surakarta, juara umum di sekolah sejak kelas 1 sampai lulus SMP.kalau ada mesin waktu, ingin saya kembali ke masa ini....


waktu SMA...

tak ada keanangan seindah ketika kita berada di masa SMA, benar2 golden moment buat saya...merasakan indahnya cinta pertama sekaligus patah hati yang membuat hati berdarah2...hikzzz...nggak akan terlupa, sampai kapan pun juga . begitu banyak kenangan dengan sahabat, mantan pacar backstreet 3 tahunan, sweet 17th birthdays...
di SMA ini pulalah puncak prestasi akademis saya...3 tahun berturut bertahan pada posisi rangking I dikelas dan kelas pararel jurusan IPS. gen usil saya juga memuncak pada saat di SMA ini...qiqiqi...bener2 tersalurkan karena kebetulan mendapat teman-teman yang seiman sejurusan....mantabs deh pokoknya...banyak bener kenangan manis yang nggak mungkin saya lupakan demi kejahilan saya...tapi emang dasar gak bersyukur, masih aja sirik ngeliatin anak kuliahan yg keliatannya dewasa banget dan bisa ke kampus pake baju bebasss, kayak apa ya rasanya kuliah nanti? puncaknya, saya dinobatkan menjadi juara umum IPS dan diterima di PTN melalui jalur PMDK...


ketika kemudian menjadi anak kuliahan

sebenarnya ini bukan jurusan yang jadi tujuan saya...sangat jauh panggang dari api...tapi the show must go on... romantika jadi mahasiswa membawa saya masuk kebanyak cerita hidup...uhuuuiiiii.....bertemu sahabat-sahabat yang sampai sekarang masih nyambung, melalui perjalanan hidup sebagai mahasiswa yang penuh romantika-manis-pahit-lempeng-lurus-belok2 dikit...banyak benar yang saya dapat dari hampir 4 th 8 bulan yang saya lewati..
lucunya lagi, kisah cinta saya tak pernah sempat bersemi di kampus ini...uuuuggghhh....saya tak pernah punya cerita kisah cinta dengan teman sekampus....


jadi perempuan bekerja, menjadi istri, menjadi ibu

beberapa bulan jeda menganggur, akhirnya dapat pekerjaan juga, meski tak sesuai disiplin ilmu yang saya pelajari dibangku kuliah....
disusul fase berikutnya, menikah....hamil...melahirkan...menjadi istri dari suami saya, menjadi ibu dari anak-anak saya adalah karier yang luar biasa...saya memutuskan untuk berhenti bekerja setelah menikmati gegap gempitanya bekerja kantoran selama 12 tahun 9 bulan, memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya atau saya menyebutnya menjadi full time mom...sebenarnya berkarir sebagai FTM ( full time mom ) bukanlah cita2 saya...dari kecil kalau ditanya mengenai cita-cita jawaban saya selalu berganti...biasalah..namanya juga anak labil...tapi tak pernah terlintas sedikitpun dibenak saya menjadi seorang yang hanya dirumah, mengurus suami dan anak-anak, mengurus rumah tangga, berkutat dengan pekerjaan domestik. sempat dulu saya memandang rendah seorang perempuan yang sudah sekolah sampai tinggi (menurut ukuran saya) dan ternyata dia memilih pekerjaan sebagai ibu rumah tangga..enggak banget, pikir saya waktu itu.
tapi, seiring berjalannya waktu dan nasib yang terus bergulir, sayapun merubah pandangan saya terhadap pilihan profesi sebagai ibu rumah tangga. bukan karena akhirnya saya memilih menjadi FTM, tapi lebih karena saya melihat bahwa betapa ajaibnya pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu. apalagi jika ini dilakoni tanpa adanya bantuan dari pihak lain, seperti asisten atau PRT...benar-benar ajaib... ( bukan menghibur diri lho ini...)

bagaimana tidak ajaib, kalau kita harus mengerjakan semuanya sendiri 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, full bekerja untuk 52 minggu, 365 hari terus menerus dalam setahun...tanpa cuti...hehehe...dari mulai buka mata sampai mata merem lagi malamnya tak ada habisnya.. bener-bener complicated, ada saja permasalahannya yang harus dicarikan penyelesaian...

sepertinya saya sudah kadung jatuh cinta dengan peran yang kemudian menjadi pilihan saya ini...konon, pekerjaan ini akan menjadi ladang pahala buat yang ikhlas melakoninya...Insya Allah...dari pikiran positif, saya tak perlu memikirkan lembur kantoran (ihik...), tak ada dead line, tak ada bos yang memarahi saya kalau target nggak tercapai...(menghibur diri lagi) , tugas utama saya sekaligus kewajiban saya adalah memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik dan lancar dalam rumah tangga saya, saya merangkap menjadi manager dan pelaksana...hiyaaaa...mantab kan ?

...jadi...(kalau yang ini saya benar-benar lagi menghibur diri) saya tidak perlu berpikir untuk berkarir diluar rumah karena bagi saya karir sebagai FTM adalah karir yang sesungguhnya. titik habis.

tiba-tiba kok saya punya pemikiran ajaib yang ini ya....bisakah kereta kehidupan ini transit sebentar? berhenti duluu!!

dan saya tak habisnya berpikir, bagaimana bisa waktu berlalu begini cepat...meski mau tak mau saya harus tetap bergerak, terus bergerak...maju, maju terus...tak mungkin cuma jalan ditempat apalagi mundur..

terima kasih, Tuhan...apapun karuniaMu untuk jalan hidup saya...pastilah ini yang terbaik buat saya dan keluarga saya...

hidup memang butuh perjuangan, jenderal....sederhana tapi tetep ajah complicated...

so, mari kita jalani saja....

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Hidup itu adalah tentang pilihan mbak...

Sekar Lawu mengatakan...

@mbak Soerjani: benar Mbak...dan setiap pilihan mempunyai resikonya masing2 ya...apa kabar Mbak ? lama sekali tidak menyapa...apa kabar si kembar ?

~Srex~ mengatakan...

Oo..gitu mbak...anak kolong juga yaa...? sama deh dg ku...bapakku juga, tapi AL. O ya..jadi FTM merupakan profesi yang bergengsi loh...di dunia yg semakin menjauhkan peran ibu sebagai manager rumah tangga, benar2 merupakan pilihan profesi yg memutarbalikkan logika kiprah perempuan masa kini...salut...semoga semuanya berjalan dengan baik, di ridhoi dan sesuai dengan rencana...sip...siiip...

WindaPresti mengatakan...

aku nyambung sama ceritanya baru sampai chapter 5, anak kuliahan. hhe
yang chapter terakhir urung nggadhuk kuping, bulik. .

Sekar Lawu mengatakan...

@mas Srex :
life is choice...

Sekar Lawu mengatakan...

@winda:
satu saat engkau akan mengerti, mengapa ini menjadi pilihanku, Nak...jiyaaaaaaahhhh

Mechta mengatakan...

Senengnya...membaca kenangan mbak dari waktu ke waktu... eh gulali yg diemek2 si abang tapi rasa tetep nendang itu kayanya semakin jarang ditemui sekarang ya?

Sekar Lawu mengatakan...

@mechta:
setiap jengkal kenangan tetaplah emnjadi kenangan, bukankah itu satu paket hemat dengan diri kita sekarang...?
Gulali yg begituan sudah makin susah didapat di solo, jeng...bagaimana ditempatmu ?...pengiiin