Jumat, 17 Oktober 2008

Hantu itu telah pergi....


Pagi ini dunia infotainment dikejutkan dengan kabar kepergian artis Suzanna, bintang film horor era 70an ini meninggal diusianya yang ke 66.
Suzanna yang fenomenal memang sudah tiada. Tapi film-filmnya yang bergenre horor bisa dipastiken akan tetap "menghantui" ranah perfilman Indonesia.
Saya sebenarnya bukan termasuk penggemar film-film Suzanna, saya sama sekali tidak berminat dan tidak suka nonton film-film yang medeni alias horor. Pikir saya, apa enaknya nonton film horor, takut sih kagak, hanya suka tom-tomen abis nontonnya ...(qiqiqi...sama ajah,yak?)
Waktu masih imut dulu...(lhoh, pernah imut juga to?) ketika masih tinggal di asrama YonKav2 Serbu di Magelang sana (tahun 72 s/d 75 an), secara berkala oleh batalyon kami warga sorodadu suka diputerin film layar tancep di tanah lapang dekat parkiran tank dan panser. Dan film yang sering diputer adalah filmnya Suzanna ini, yang saya masih keinget-inget judulnya antara lain : Bernapas dalam lumpur (susah nian...,bagaimana caranya ?), Beranak dalam kubur (bidannya apa nggak takut ?), Ratapan dan Rintihan (judulnya ajah bikin BT), Napsu Gila, Bumi makin panas (terwujud dalam issue Global Warming terkini...)...Tapi di dekade 80an film nya Suzanna makin menjadi-jadi judulnya, maksudnya, dari yang tadinya bergenre cinta-cintaan dan drama sudah beralih menjadi film medeni alias horor. Judul-judul yang masih saya ingat diantaranya : Sundel Bolong,Nyai Blorong, Malam Satu Suro, dan yang terbaru Hantu Ambulans.
Berhubung jaman saya kecil dulu tidak terlalu ada banyak hiburan yang jadi pilihan, wong channel Tv cuma ada 2, TVRI Stasiun Pusat dan Yogyakarta. Maka ketika TV Jakarta memutar film Suzanna dan wajib relay di stasiun daerah, sedangkan yang diputer adalah film horornya Suzanna, akhirnya aku ya kepaksa nonton juga di acara film cerita akhir pekan, tiap malam minggu...
Habis nonton film medeni ini saya suka susah tidur, saya juga kerap menjadi parno. Abis nonton Sundel Bolong, tiap ada didekat Ibu saya suka dengan refleks meraba punggung beliau, bolong nggak yah ? saya parno ajah, jangan-jangan ini Ibu ku jadi-jadian dari Sundel bolong yang menyamar...qiqiqi...untung Ibu saya tidak ngeh dengan keanehan saya...
Tiap kali Bapak pulang dari keluar rumah, saya lihat apakah kakinya menapak diatas tanah, lagi-lagi saya parno membayangkan yang datang adalah ayah saya jadi-jadian dari hantu gentayangan...
Begitulah, hingga saat ini saya masih tidak begitu suka nonton film horor, tapi anehnya suka penasaran...kalau kebetulan ada film hantu diputar, saya memang gak mau nonton langsung, tapi nonton dari balik telapak tangan saya, mengintip saja...
Karin bahkan pernah berimajinasi gara-gara nonton sinetron yang ada pocongnya, kata dia ada pocong mengintip di jendela kamarnya, dan itu dijadikan alasan untuk dia tidak mau tidur sendiri di kamar depan, jadi sampai sekarang, Karin masih bergabung dengan Aizs dalam satu kamar karena takut diintip pocong lagi...Syungguh terlalu...
Kembali ke Mbak Suzie ini, film hantu sekarang kok kehilangan kesan medeni nya ya...kehilangan kesan mistis nan nggegirapi..., nggak kayak jaman Suzanna dulu yang sukses mengendapkan sosok hantu beneran dalam otak penontonnya, kalau nonton film hantu sekarang bukannya takut saya malah geli..., apalagi ketika liat cuplikan film horor yang dibintangi Lia Wa Ode atau Nia Ramadhani sebagai suster ngesot, alih-alih takut dan girap-girap, aku malah cekikikan...Pasti bukan effek seperti ini yang pengin dibuat oleh para produser film horor...

9 komentar:

Ayik dan Ernut mengatakan...

(ernut)
suzana ini ada kemiripan denganmu, sama-sama suka BMW ta? qiqiqi...hush!

Haris mengatakan...

Iya ya... dulu saya juga suka gak bisa tidur kalau habis nonton film horor Indonesia. Tapi kalau sekarang enggak lagi.
Apa karena sekarang kita tau... itu cuma boongan?

Anonim mengatakan...

wah .... aku nggak pernah berani nonton lengkap film2 susana mbak, takut, ya sama seperti sampeyan ngintip lewat jari2 kalau ada adegan horornya, seringnya juga malah pindah channel, dulu di SCTV tayangannya pas malam jum'at sisan , hororr dah

eh iya , ada award buat mbak Ayik, diambil di blogku ya, maturnuwun :)

Sekar Lawu mengatakan...

@ernut:ingat kalimat Suzanna yang ini nggak..." qiqiqiq.....Bokirrrr.....saya mintak satenya, 100 tusuk ajah...qiqiqiqiqqqqq..."
(mrindingdotkom)


@Ely: qiqiqi...sampek sekarang kaluk ada film Suzanna masih suka penasaran pengin liat tapi ngeri bayangin efeknya...paling2 minta ditemani anak2 yang sama2 takuut...
Thx ya El, awardnya mau aku ambil besuk sajah, sekarang lagi bingung mau dipajang dimana, dan masih bingung jugak mau dibagi kesiapa lagi ?, mau ku sih tak bagi ke Oprah juga...

@erik: apalagi suka ada behind the scene nya yang mana membuat kita jadi makin yakin kaluk itu film cuma boongan...tapi bukankah semua cerita film cuma boongan,Rik ? bukankah film itu cuma kebohongan yang diwujudkan dalam sebuah seluloid demi kepentingan industri..?
(gaya bicara Ayik yang tak lazim...)

astrid savitri mengatakan...

Suka sih film horor tp yg buatan Jepang atau Korea macam Ringu gitu, soalnya selain hantunya gak wagu, alur ceritanya yg suram dan pelan bikin filmnya makin menakutkan.
Kalo liat film horor lokal, sy biasanya jd berisik..komentar melulu, wkwkwk...

Mbak, gambar Suzanna-nya kok pas dapet yg serem sih...

Anonim mengatakan...

iiiiii.... ada antuuu... balik yuuukkk... mabuuuurrr...

Sekar Lawu mengatakan...

@astrid: iya tuh..., search di google dapatnya yang serem tapi elegant kan ? kaluk gambar hantu yang matanya dibikin item berkesan bolong bikin saya bukannya takut malah geli trus kemekelen....

@Daffa: Daffa, kamu kalu bobok jangan lewat jam maghrib ya, karena abis maghrib itu saatnya hantu bergentayangan mencari anak kecil yang masih pake pampers, maksudnya mama/papa nya anak kecil itu disuruh beli pampers jualan si hantu...(hantu sales)

Anonim mengatakan...

Wah iya neh bun, gak pernah saya nonton filmnya suzana itu. Takut saya, kalau ke kamar mandi harus dikawal nanti akhirnya :)

Sekar Lawu mengatakan...

@cahaya: kaluk takut sama hantu,jangan lupa baca2 doa sebisanya...pas kata amin, yang kenceng ngomongnya AMIN. Ditanggung hantu ngibrit, dikira dipanggilin bos hantu yang namanya Amin...