Selasa, 21 Oktober 2008

Ngidam Aeng Aeng

Du...di...du...ngi..dam...dam Du...di...du...ngi..dam...dam Du...di...du...ngi..dam...dam Du...di...du...ngi..dam...dam
kamu..makannya apa....?

Itu tadi lagunya Eno Lerian, bukan persis seperti itu sih(semua juga tauk...) , itu saya plesetkan,tentu saja. Bukan bermaksud juga posting tandingan untuk kentang ireng ngidamnya Ernut. Saya cuma lagi kepengin cerita bahwa ternyata ngidam itu merepotkan, bukan saja buat si bumil, tapi juga buat suami si bumil dan orang2 yang dekat, buat kawan2 bumil, buat saudara2 nya bumil...padahal mereka jelas bukan orang yang harus bertanggungjawab terhadap kehamilan si bumil...Syungguh merepotkan.
Perilaku ngidam sendiri diartikan sebagai keinginan (spontan) yang nganeh-anehi yang dirasakan oleh seorang bumil. Menurut pengertian medis, ngidam diartiken sebagai tidak stabilnya emosi karena adanya perubahan fisik, hormonal dan psikis pada wanita hamil. Ngidam pada umumnya digambarkan sebagai keinginan wanita hamil pada makanan tertentu di luar kebiasaan (sewaktu tidak hamil). Yang tadinya kagak suka kentang ireng tiba2 jadi kepengin mengkonsumsinya.
Yang tadinya buncit (kamus 2K untuk kata "benci") jadi pengin mencobanya. Misalnya saya punya teman yang sebelum hamil dia itu anti banget sama yang namanya ketimun, tapi begitu dinyataken positif hamil entah apa sebabnya dia menjadi tergila-gila kepada buah segar nan hambar yang namanya ketimun. Hampir tiada hari dilewati tanpa makan ketimun sampai usia kehamilan ndungkap paripurna. Setelah baby nya lahir, dia kembali buncit dengan buah ketimun...Syungguh tidak masuk akal..

Nah, kalau ngidam kepada segala sesuatu yang berbentuk makanan mah sudah biasya..., seperti saya dulu ketika nggembol si pembarep Karin, saya ngidamnya sederhana saja, cuma gulali sutra. Kalau pengin tahu tentang sang gulali ini, silahkan baca postingan saya "Gulali Sutra lah" di arsip Juli 2008.Perjuangan untuk mendapatkan gulali ini sungguh tidak mudah...
Kalau saya bilang ngidam food & beverage adalah hal yang lumrah dan relatif lebih mudah didapat dan ditoleransi oleh para suami bumil dan kerabatnya, maka bentuk ngidam bumil yang bikin hati suka kedher adalah ngidam yang ajaib macam teman saya yang satu ini...
Begini, dia dan suami siaganya saya kenal sebagai pasangan serasi nan harmonis sehidup semaput, pokokna bener2 klop luar dalam (buktinya istrinya jadi bumil sekarang). Tapi sejak si istri mengandung, mendadak sontak sang suami siaga menjadi persona non grata dirumahnya, menjadi sosok paling dibenci dan paling tidak diinginkan kehadirannya...horok...ini suamimu lho, yayi.... orang yang telah menghamili kamu sejauh ini...qiqiqi... Mosok, si Mr. Pakmil ini baru masuk rumah, si Bumil sudah tereak " Jangan masuk rumah ,Kangmas...Aku nggak suka baumu...!" Meskipun Mr. Pakmil sudah mandi kembang tujuh rupa dan grujug parfum sebotol2nya tetep aja di cap bau oleh si Bumil. Sampai-sampai suatu hari si Mr.Pakmil curhat pada saya,begini : Budhe, apa istri saya sudah ndhak cinta lagi pada saya ya...orang lain istri hamil bahagia, saya kok malah sengsara...,sampai kapan penderitaan ini berakhir,Budhe?". Saya cuma bisa bilang, " Sabar,Dimas...nggak lama lagi, biasanya di trismester ke dua juga sudah stabil..." Ternyata ini tidak, lho...kebencian kepada Mr.Pakmil berlanjut hingga babynya lahir. yungguh kebangeten. Untung si Mr.Pakmil sangat bisa mengerti dan memahami kondisi si istri, kalau tidak, bisa2 perang brontoyudho, toh ?
Memang cerita ngidam ini selalu menjadi fenomena aneh dan nggak ada matinye, kata pak Bolot. Lha piye, ada jugak yang ngidam pengin ngelus kepala mertua. Kalau mertuanya tinggal dekat-dekat (kayak saya) atau setidaknya cukup dijangkau dengan 1-2 jam perjalanan. Kalau sang mertua berdiam di Papua sedangken si bumil ada di NAD, bukankah akan menjadi ngidam yang syungguh mahal...?
Satu lagi, saya punya teman yang punya keponakan (sudah cukup bingung) duss artinya keponakan temannya saya, kehamilannya diproklamirken sebagai ngebo (istilah jawa bila hamil tanpa ngidam)...eh, tahu2 tiba2 suatu malem hari yang sungguh sepi dibangunkanlah sang suami siaga untuk permintaan (tapi keukeuh tak mau disebut ngidam) yang aneh, sang istri minta dicariken satu set baju wayang tokoh Srikandi...horokk...untung pasangan ini tinggal di Karanganyar yang mana masih ada beberapa perias penganten yang juga menyewaken pakaian wayang. Jadilah malam itu sang suami kalang kabut menelepon kerabatnya termasuk saya untuk " plisss....bulik, saya nyuwun tulung dipinjamken baju srikandi di Mbah Uti...".
Untungnya lagi, Mbah Uti, ibu mertua saya mau saya ganggu dengan permintaan aneh ini...Dan apa yang terjadi sodara-sodara, si bumil setelah dipakaiken seperangkat busana srikandi segera membentangkan gandewa panahnya beraksi bak tokoh pewayangan yang istri kedua Raden Arjuna itu...setelah terkabulken keinginannya (tetep keukeuh gak mau disebut ngidam) maka dengan wajah puas dilepaskannnya busana wayang itu....Syungguh aeng-aeng. Dan kini waktu telah berlalu 14 tahun sejak peristiwa ngidam srikandi itu, baby yang dulu diniati ngidam heboh sudah bertumbuh menjadi perawan cantik yang punya hoby dan keahlian menari jawa, bahkan beberapa kali menyabet juara di beberapa kompetisi tari. Cita-citanya mau sekolah di ISI Surakarta....So, apakah ada hubungannya antara perilaku ngidam si Bumil dengan kelak si baby mau jadi apa ? walahualam...nggak bisa jawab.

Ngomong2 tentang ngidam yang bukan terhadap makanan, ngidam terhadap suatu benda pernah saya alami. Tepatnya bukan ngidam tapi saya dramatisir sebagai ngidam biar keturutan. Waktu hamil si Karin, saya yang sudah lama pengin punya oven lalu memaksakan diri untuk membeli oven plus segala bentuk cetakan kue....qiqiqi....dan si Bapak dengan senang hati merelaken untuk meluluskan permintaan saya ini dengan sedikit bertanya-tanya dalam hati, bukankah istrinya yang manis ini sama sekali tidak suka dan tidak bisa bikin kue....Begitulah, dengan alibi ngidam akhirnya saya mendapatkan oven idaman saya, yang sampai hari ini sudah banyak berjasa membantu saya mewujudkan resep-resep kueh dimajalah...qiqiqi...tauk begitu, dulu saya ngidamnya microwave yang agak kerenan dikit....syungguh menyesal...

Semoga postingan saya kali ini tidak menimbulkan efek negatif pada para bumil untuk ikut2an ngidam harta benda tak terjangkau kantong suami, misalnya minta kapal pesiar lengkap dengan awak kabinnya, minta omah gedong susun pitu, minta mobil gedhi berroda 10 (truk), kecuali kalau Pakmilnya adalah Donald Trump, tentu...syungguh tajirrr beneran...
Buat para pakmil dimanapun anda berada, semoga anda sabar dan tawakal menghadapi perilaku istrinya yang bumil....

Ada pengalaman dengan sodara dan handai taulan yang ngidamnya tidak biasa ?pengin jitak kepala Ryan si Jagal Jombang, misalnya ? atau makan bareng dengan menu yang sama dengan Sumanto ?

11 komentar:

Linda Rooroh mengatakan...

qiqiqi... lucu banget ngidamnya, kostum srikandi..trus anaknya lalu jadi juara nari jawa pulak... kalok ngidam kostum badut gemana? masa' lalu sering mentas di ancol...

Bagusnya aku gak pernah ngidam yg aneh2, pengennya sih kalo bukan makanan yaa berlian.. gak ngerepotin tokh, tokonya ada dimana? hehehe..

Anonim mengatakan...

Ada tetangga yg seneng dg bau tanah, sampai tipa pagi makan tanah sedikit..

dyahsuminar mengatakan...

horee...nomor satu...
Ah,,ngidam itu kata temman saya gak ilmiah..nek keturutan...(ada yang memanjakan dan nuruti ..trus makin ndadi katanya.
Btw..saya sendiri gak pernah ngidam...rasional aja ya..tiwas nyidam mobil bagus seri baru...eh..kita masing masing masih berjuang...Mana mungkinlah beli mobil bguus...ha..ha...

Anonim mengatakan...

aduh mbak .. ngakak aku baca postingan sampeyan ini, masak mau ngidam menunya sumanto huweeek hahaha

lha mbak Ayik ini namanya menyalahgunakan saat ngidam biar dibelikan oven hihihihi tapi boleh juga tuh idennya :D

Sekar Lawu mengatakan...

@Linda: qiqiqi...mungkin emang kebetulan, kebetulan yang aneh. Secara, bapak ibunya sama sekali tidak demen sama yang namanya tari menari, ehhh...anaknya nyeniman banget...
Wah iya ya, kaluk ngidam berlian dan selalu bisa keturutan, saya mau deh hamil dan hamil teruss sampai tajir...

@Erik: ada teman saya yang ngidam ampo (tanah liat yang baunya khas), ada juga yang ngidam parutan bata merah, lalu satunya lagi malah ngidam makan beras mentah dicampur bedak bayi....Sungguh aneh.
Anehnya lagi, setelah berakhir masa ngidam lalu benar2 nggak suka sama benda/makanan yang dulu dia idamkan...Waktu saya paksa buat nyobain makan lagi,dia marah2...katanya..." gila apa ? kok saya disuruh Mbak ayik makan ampo lagi..."
Lho, jadi, waktu ngidam kemaren kamu lagi nggak waras toh...? qiqiqi....

@Bunda Dyah:Itu namanya ngebo, Bu. Enakan begitu, ngidam ndablegh...qiqiqi....
Iya juga, berarti ngidam oven saya termasuk rasional nggak ya,jangankan berani ngidam suzuki baleno, wong waktu itu mau beli oven saja kita nggak kuat, harus dibela2in ngidam dulu baru keturutan...

@Ely:Jangan salah Jeung, menunya bukan sumanto, tapi yang dimakan sama dengan yang dimakan sumanto, misalnya.....(hoeeeks!, baru mau ngomonginnya sudah krasa mau hoeek...)

Kalau tidak dibela2in ngidam oven, nggak akan ada postingan kue kaastengels dunk,Jeng...qiqiqi

Boodeznee mengatakan...

Lucu banget sih ceritanya, Mbak. Aku sampai ngakak di kantor bacanya (untung belum jadwalnya pak boss keliling. Klo gak, bisa curiga dia).

Coba dulu aku ngidam barang2 yg aku pengen waktu hamil. Siapa tau aja keturutan. Kenapa dulu gak kepikiran ya?.

Sekar Lawu mengatakan...

@desny: itulahh Des, ngidam seringkali dipolitisir oleh sementara bumil untuk memenuhi obsesinya...
yen tak pikir-pikir (kayak basuki srimulat toh ?), sebenarnya ngidam itu adalah area perwujudan obsesi sang bumil yang sengaja dimunculken dari alam bawah sadarnya, halaah.....

Dan kaluk sudah bersembunyi dibalik alasan ngidam...wis ta.. pasti si A'ak/abang/bapak akan pontang-panting berjuang untuk memenuhi apapun yang diminta oleh bumil...apalagi kalau ini anak pertama dan yang sudah lama ditunggu2 pulak...

BTW,Des, ngidam duren terwujud dalam es krim ya ? puass hanya sampai di es krim doang, Des ? lhah aku dulu berani lho menyantap langsung duren segar ketika hamil Aizs 3 bulan, nekat banget yak...dan syukurlah, baby lahir dengan sehat dan selamat.
Kapada para pembaca yang bumil, harap ngidam duren saya jangan ditiru ya...

dyahsuminar mengatakan...

mbak....biasanya masuk komen disini suwe..dan angel banget. Eh,,ini sambil lewat kok cepat..
Saya kunjung ke teman teman...juga lamaa..padahal besok gak sempat,karena harus rapat 3 seri...juga ada syawalan ( lagi ???)..wes,,wes..ra sambat wae,niatnya seneng seneng kok..

Sekar Lawu mengatakan...

@bunda DS: Bun,biar sibuk masih sempat mampir sekarlawu, matur sembah nuwun ya,Bun...saya senang sekali disambangi teman-teman.

Anonim mengatakan...

aku suka banget gulali sutra... kalo di jakarta nama kerennya rambut nenek. halah, malah aku dadi ilfil mo makan gulalinya. hehehe...

aku waktu hamil anak kedua (ce) dari yang tiap hari makan pecel lele langsung mendadak sontak ga mau denger atopun baca tulisan pecel lele kerna bisa muntah semuntah2nya. hehehe...

Sekar Lawu mengatakan...

@Olin: qiqiqi...bisa dibayangken nggak ketika siembok yang jualnya mengulet2 adonan gulali dengan jemarinya tanpa sempat cuci tangan dulu ? qiqiqi...mungkin disitu yang bikin enyaknya,Lin...