Jumat, 22 Mei 2009

Magelang, kampung kelahiran...



Magelang, tak dapat dipungkiri adalah sebuah nama yang akan selalu melekat erat sepanjang hidup saya. Kalau harus mengisi biodata, tempat dan tanggal lahir, pasti Magelang selalu disebutkan...

Kemaren, dalam kesempatan sehari di Magelang, saya sempatkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang buat saya cukup bersejarah...Secara umum, saya melihat kota Magelang ini tidak banyak berubah sejak kepindahan saya tahun 1974 ke Solo, suasananya masih seperti saya kecil dulu. Masih adem, sejuk dan bersih...

Tempat-tempat dimana saya sempatkan untuk napak tilas itu ini diantaranya...

Kompleks Panca Arga, disinilah saya dilahirkan 43 tahun yang lalu. Ketika Bapak saya yang sorodadu masih berdinas di Akmil...


Ini foto saya Agustus 1972, waktu masih di TK Tjempaka VI Magelang. Tempat pertama kali saya mengenal bangku sekolah....


Ini foto saya kemaren, dilokasi yang sama. Nama Tk sudah diubah menjadi TK Kartika III/13.


SD ini dulu namanya SD Sudirman II. Sekarang SDN Gelangan 5-6. Saya pernah bersekolah disini sampai kelas II, maklum anak sorodadu seringkali harus pindah-pindah sekolah mengikuti tugas ortu. Sepanjang hidup saya sudah berpindah SD sampai 3 kali...


Ini foto saya tahun 1970, masih 4 tahun. Didepan asrama kesatuan Bapak, Yon Kav 2 Serbu. Saya tepat didepan mas-mas yang paling tinggi itu...mudah dikenali kan ? kan sudah manis sedari kecil...qiqiqi.....Weleh, pada kemana ya teman-teman kecil saya ini sekarang ?


Ini foto di lokasi yang sama sekian puluh tahun kemudian.......


Ini penampakan asrama YonKav 2 Serbu yang sekarang menjadi Asrama Yon Armed...Dulu didepan asrama ini, sepanjang jalan berderet pohon kenari tua. Saya suka banget nyari jatuhan buah kenari, kalau sudah ngumpul terus di pukulin pakai batu sampai pecah kulit kerasnya...trus daging buahnya yang cuma seiprit itu dicuthiki pakai lidi langsung dimakan...waaa......kalau ingat itu terasa lucu banget....
Banyak sekali pengalaman menyenangkan sebagai anak kolong yang aku rasakan ketika tinggal di sini...yang pastinya tidak dirasakan oleh anak-anak lain yang bukan anak tentara...

Hampir setiap pulang sekolah, bersama anak-anak kolong lainnya saya pasti main-main dilapangan dekat asrama. Mainannya ya aneka prasarana yang setiap hari buat latihan fisik para tentara ini. Diantaranya seperti gambar-gambar dibawah ini, halang rintang ,jembatan goyang, barikade kawat berduri...kesannya macho sekali mainan ku waktu itu ya....




Aizs seneng banget bisa ngerasain mainan Ibu nya waktu kecil.....berasa anak sorodadu....




6 komentar:

ernut mengatakan...

meski sering pindah sekolah, kwe ora nunggak khan yik?

ellysuryani mengatakan...

Ah napak tilasnya asyik banget mbak Ayik. Jadi pengen neh sy ke Magelang. Nice posting.

BATIK ONLINE mengatakan...

wah anak pejuang tho? Ayo lanjutkan perjuangan.....

Tuti Nonka mengatakan...

Wuaaah .... baru tahu kalau Mbak Ayik asline wong Magelang :D
Itu foto yang di depan rumah bersama anak-anak krucil, yang saya kenali kok cuma tembok batunya ... hehe ...
Ohya, Mbak Ayik kok langsing sekarang. Dan itu, dompet culunnya nggak ketinggalan digantung di leher ya ... :D

Sekar Lawu mengatakan...

@Ernut:
reputasiku kan dari dulu ora tau nunggak nut....qiqiqi...mung tau ora lulus logika...

@Ely:
jangan lupa mampir ke dalemBadran ya Mbak ely

@BatikOL:
anak sorodadu tepatnya...

@MBak Tuti:
Iya Mbak, saya kalo ngaku putri solo pasti sambil malu2 gimana gituh...qiqiqi...wong sejatinya asli Mertoyudan kok...

Saya tetep manis kan Mbak ? qiqiqi...

aries mengatakan...

Semoga alumni Panca Arga (PA) selalu sukses dimanapun berada, katanya pernah ada reunian, pernah hadir....?
S/d 72 tinggal dekat raharja pura jl Durian PA, terus ke Solo (Baron Kompleks),setelah SMA, 76 beredar lagi sampai sumatra, sekarang hinggap (Pensiun)di bandung.
Ada rumah di Jaten Karanganyar kosong, agar anaks kalau nengok bapak di TMP jurug dekat.
Salam buat keluarga dan bermanfaat bagi orang lain dimanapun berada