Jumat, 29 Oktober 2010

bangkit lagi, maju terus


pagi ini seorang teman datang kepada saya. sambil menemaninya ngupi pagi ( sementara saya cukup nge teh hijau pahit ) ia menceritakan tentang 'lelakon' hidupnya yang bagi saya sungguh ajaib. seperti di sinetron-sinetron itu...jatuh bangun kayak lagunya KD - Kristina Dangdut -...saya bandingkan dengan perjalanan hidup saya dan ternyata yang saya alami ini bukan apa-apa dibandingkan dia...

teman saya yang satu ini tak seperti teman-teman yang lain, yang datang untuk curhat ( baca : mengeluh ) , dia datang untuk berbagi kisah, agar saya bisa mengambil hikmah dari pengalaman hidupnya, jatuh bangunnya, pahit manisnya. Saya salut padanya yang selalu sanggup bangkit dan berjalan kembali setelah kejatuhan yang dialami berkali-kali.

saya setuju kepada wacananya, bahwa setiap kejatuhan tidak berarti kita harus menyerah kalah dan berpuncak pada putus asa...saya setuju untuk kita belajar dari kejatuhan itu sendiri. mengevaluasi diri, memperbaikinya untuk kemudian menjalani cara baru dan bercermin kepada kegagalan. kegagalan bukan untuk disesalkan, akan lebih baik bila kita sanggup mengambil nilai-nilai positip dari perilaku yang membuat kita gagal kemaren. berbesar hati menerima takdir tapi tak begitu saja menyerah kepada nasib....eeeehhhmmmm, sepertinya sungguh tak mudah... ( dalam hati saya bergumam, gedhang woh pakel...muni gampang nglakoni angel, bicara mudah - mewujudkannya yang sulit...hhhhhhh...)

kepada setiap teman yang sedang jatuh saya selalu menjadi supporter untuk selalu keep moving on ...padahal saya tahu, jelas gak bisa disamain dunk antara jatuh kesandung ato kesrimpet rok dengan jatuh ke dalam sumur..hehehehe... (persamaan yang aneh). ya jelas...malunya aja jelas beda dunk..wkwkwk...kalo jatuh ke dalam sumur yang pasti langsung ilang ajah...minimal semaput, maksimal ditemukan tak bernyawa dalam posisi kembung...hedeeehhh...yah, paling nggak saat nemuin kita, kita udah selesai malunya ( lha wong sudah nggak ada nyawanya...)

Nah kalo jatuhnya karena kesandung, kejlungup atau kesrimpet yang notabene didepan khalayak umum. jatuh yang tiba-tiba , spontan tanpa basa basi...hihihi...yang jelas jarang bisa end up pose cantik dunk ya...sakitnya gak seberapa, malunya itu lho kalo diliatin banyak orang dengan senyum simpul diwajah mereka...masak sih kita harus selalu moving on, ahaa...can't we just stop even for a while sampai kita bisa memutuskan kapan kita akan bangkit kembali... 'n see what the next ?

paling nggak kita bisa diam sejenak mengevaluasi diri mengenai penyebab jatuh barusan, kemudian menata hati untuk yakin bisa kembali berdiri tegak dan berjalan kedepan meminimalisir penyebab kegagalan yang mungkin akan kita temui lagi...begitulah yang saya pikirkan....ehhhmm...ehmmm..dan yang tak kalah penting adalah membangun kepercayaan diri bahwa kita bisa mengatasi masalah yang akan timbul lagi, sambil tak lepas mengamati apakah lingkungan kita cukup supportif dan peduli membantu kita barang sedikit...meskipun akhirnya semua kembali ke kita, apakah kita akan moving on...dengan atau tanpa bantuan orang lain disekitar kita...tentu saja.. kalau teman saya itu , dia tak peduli apakah akan ada bala bantuan datang atau tidak, yang jelas dia tetap berjalan kembali, meski dia butuh waktu juga untuk menata diri dan hati..karena katanya, dia bukan super(wo)man.

selebihnya, selain setuju pada wacana yang ditawarkan teman untuk selalu keep moving on, saya juga mengaguminya sebagai teman yang tak pernah menyerah...spiritnya saya simpan didalam dada saya.

untuk Menik, terimalah salutku.


***

nulis kali ini kok ngelantur agak nggak jelas juntrungnya, entah nyambung entah enggak...hedeeeh....



Tidak ada komentar: