Senin, 28 Juli 2008

Ajar mBatik





Terbayar sudah niat lama yang sudah kapan tahu aku canangkan. Yaitu mengenalkan bagaimana cara dan proses membatik kepada dua putriku. Di event bazaar Apeksi kemaren, tak sengaja mata tertumbuk pada tulisan di sebuah gerai yang bunyinya : "Badhe nyobi nyanthing ? mangga..." yang arti harfiahnya adalah ajakan untuk mencoba belajar membatik dengan menggunakan canthing. Maka tanpa ditanya lagi, aku segera mengajak anak-anak untuk duduk didingklik kecil yang telah disediakan dihadapan sebuah selembar kain mori yang sudah digambar motif batik. Disamping kami ada sebuah kompor kecil yang menjerang malam (bahan batik) diatas sebuah wajan kecil. Maka asyiklah kita belajar membatik....
Anak-anak terlihat asyik sekali dengan aktivitas ini, apalagi ketika melihat hasil canthingannya yang lumayan tak begitu banyak belepetan. Kata Pak tino Sidin..." Bagussss!"
Ini mengingatkan ku pada almarhunah Budhe Kayati yang juga menekuni keahlian membatik kain jarik. Aku masih ingat, aku suka menunggui Budhe Kayati yang asyik mencanthing diselembar mori sambil mendongeng apa saja buat aku. Ahh, tiba-tiba aku kangen padamu,Budhe....

Tidak ada komentar: