Senin, 02 Juni 2008

Gandos Gurih




Minggu pagi dipasar, ada yang tak biasa kali ini. Karena aku melihat penjual makanan ini, namanya Gandos Gurih. Dibuatnya dari tepung beras-tepung terigu-parutan kelapa muda, air dan cuma dibumbui garam saja, cetakannya persis cetakan pukis. Walhasil citarasa yang dihasilkannya cuma gurih-gurih asin perpaduan antara kelapa muda parut dan garam saja. Buat yang diet DM, penganan ini cocok disantap.
Aku bilang tak biasa karena jarang-jarang ketemu penjual Gandos Gurih ini di Karanganyar, secara penganan ini adalah camilan favorit Bapak almarhum ketika aku masih tinggal di Kedunglumbu. So, prediksi ku, 10 tahun kedepan pastinya aku belum tentu ketemu si GG inih, makanya aku putuskan untuk posting GG di duo2kribo.
Dirumah, agaknya cuma aku yang doyan, anak-anak dan Bapaknya tak meliriknya apalagi menyentuh si GG. Mungkin secara rasa memang tidak menarik, tapi buat aku yang demen gurih-gurih, penganan ini masih termasuk kategori camilan favorit.Apalagi harganya yang muriiih...., sejinah (10 bj) cuma 1.500 rupiah.
Yang aku gak ngerti, menurut aku ini penganan aku kira solo asli, tapi kok tiap ketemu yang jualnya pasti berlogat sunda. Lalu, darimana asal GG sebenarnya ? Sundakah ? But, siapa peduli darimana asalnya, yang penting GG enyaakkk.....dan aku suka.

Tidak ada komentar: