Senin, 02 Juni 2008

Kliping Part 1



Dari aku kecil, seingatku, kalau disuruh ngisi biodata di buku kenangan teman aku selalu menulis : membaca diurutan nomer satu, sesudahnya ada makan-ngemil, nari-nyanyi, jalan-jalan.Sampai sekarang membaca masih tetap hobi paling penting buat aku.Dan Alhamdulillah, gen hobi ini menurun pada kedua bidadariku. Gen ? ya iyalahh, soalnya gen ini tidak ada pada si Bapak, beliau cuma membaca koran harian dan majalah selintas saja..., jadi dari siapa lagi gen membaca ini diturunkan kalau bukan dari si Emak inih ?
Dari membaca kemudian aku kembangkan menjadi membuat kliping. Kliping ? kalau dulu pengertian kliping buat aku adalah menggunting artikel kemudian menempelkannya pada selembar kertas. Itulah yang aku lakukan sejak 1985 (masih kuliah) sampai sekitar tahun 1999. Setelah lembar kertas itu aku tempel lalu aku kumpulkan sesuai topik, ada aneka resep makanan ( kudapan & lauk), model-model baju, interior &eksterior, konsultasi kesehatan dll....Lalu aku bikinkan cover, daftar isi,terakhir di jilid. Walhasil, sampai saat ini koleksi kliping (tempel) ku sudah lumayan buanyak....Seneng ajah membuka-buka lagi koleksi lama ini.
Sejak 1999, aku mulai males menggunting dan menempel, maka aku mulailah aksi sobek artikel, dari majalah aku sobek, lalu dijilid sesuai tema. Wah..., bundhel artikelku juga sudah banyak.
Buat orang lain mungkin ini dianggepnya kurang gawean, ya ? tapi buat aku, kliping & bundhel ku ini banyak membantu lho. Yang jelas, manfaatnya banyak, diantaranya :
1. Lebih mudah kalau kita mau cari resep masakan yang pengin kita praktekan
2. Referensi model busana dari jaman ke jaman bisa dirunut dari kliping dan bundhel ini
3. Anak-anak & teman-teman nya bisa memanfaatkan isi klipingku, untuk cari ide prakarya misalnya
4. Klipingku suka diminta (pinjam) oleh para keponakan dan anak teman buat di tumpuk ketika mereka mendapat tugas bikin kliping dari sekolah.....Whalaaahhh................

Tidak ada komentar: